Presiden Jokowi Bakal Ajak 20 Pimpinan G20 Tinjau Konservasi Mangrove di Bali
Ilustrasi-(Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

DENPASAR – Presiden Joko Widodo alias Jokowi pada Kamis, 2 Desember melakukan kunjungan kerja ke Bali.

Saat tiba di Bali, Jokowi yang ditemani ibu negara Iriana Jokowi beserta rombongan, disambut oleh pasukan jajar kehormatan.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Biro Pers Sekretariat Presiden, penyambutan Presiden Jokowi oleh pasukan jajar kehormatan sebagai uji coba penyambutan para pemimpin G20.

Kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Bali untuk meninjau langsung sejumlah fasilitas dan infrastruktur yang rencananya akan digunakan pada gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 nanti.

Sejumlah fasilitas tersebut antara lain Mangrove Conservation Forest, infrastruktur jalan, pedestrian, jembatan, dan sejumlah lokasi di kawasan Nusa Dua.

Jokowi bakal tunjukkan keseriusan Indonesia atasi perubahan iklim

Jokowi mengatakan, dirinya bakal mengajak 20 pimpinan G20 untuk meninjau lahan konservasi mangrove di Bali. Jokowi ingin menunjukkan keseriusan Indonesia dalam merestorasi dan merehabilitasi hutan mangrove untuk mengatasi masalah perubahan iklim.

"Saya kira komitmen itu yang akan kita tunjukkan secara konkret secara real di lapangan. Nanti 20 kepala negara akan kita ajak semuanya ke sini,” kata Presiden Jokowi usai peninjauan Mangrove Conservation Forest, Bali, sebagaimana ditayangkan Youtube Sekretariat Presiden, dikutip VOI BALI, Jumat, 3 Desember 2021.

Presiden Jokowi menekankan Indonesia akan menunjukkan komitmen yang kuat dalam mengatasi dampak perubahan iklim.

“Ini akan menunjukkan keseriusan kita merestorasi hutan mangrove, merehabilitasi hutan mangrove, merestorasi hutan gambut, merestorasi lahan kritis di negara kita,” kata Presiden.

Hutan mangrove dikenal sebagai kawasan yang berperan dalam menyerap dan menyimpan emisi karbon sehingga dapat menekan tingkat pemanasan global.

Indonesia resmi memegang keketuaan atau Presidensi G20 mulai 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022. Penyelenggaraan KTT G20 telah ditetapkan di Pulau Bali.

G20 merupakan forum global yang terdiri dari 19 negara dan satu Uni Eropa (UE). Negara yang tergabung dalam G20 merupakan  penyumbang 80 persen Produk Domestik Bruto (PDB) dunia dan 75 persen ekspor dunia.

Saat KTT G20 di Roma, Italia, 30-31 Oktober 2021 lalu, Presiden Jokowi menyebut Indonesia memiliki lebih dari 20 persen total area mangrove dunia yakni 3,3 juta hektare, yang merupakan terbesar di dunia.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tiba di Bali, Jokowi Pastikan Ajak Pimpinan G20 Tinjau Lahan Konservasi Mangrove.

Selain informasi soal Jokowi bakal ajak pimpinan G20 tinjau lahan konservasi mangrove di Bali, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!