Kasus Pencemaran Nama Baik Luhut Pandjaitan, Ini yang Disampaikan Haris Azhar ke Penyidik
Haris Azhar di Polda Metro Jaya (FOTO: Rizky Adytia-VOI)

Bagikan:

JAKARTA – Direktur Eksekutif Lokataru Haris Azhar selaku pihak terlapor dalam kasus pencemaran nama baik Luhut Binsar Pandjaitan, baru saja menjalani proses klarifikasi di Polda Metro Jaya.

Perlu diketahui, Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti dilaporkan Luhut ke Polda Metro Jaya atas dugaan pencemaran nama baik gegara konten video YouTube berjudul 'Ada Lord Luhut di Balik Relasi Ekonomi-Ops Militer Intan Jaya, Jenderal BIN Juga Ada'.

Haris Azhar sampaikan materi video yang dipermasalahkan Luhut

Kepada penyidik, Haris menjelaskan perihal materi video yang jadi pokok permasalahan.

"Kami cuma klarifikasi bahwa medianya, mediumnya (atau) identitas akun channelnya seperti apa, itu satu. Kedua, peruntukannya dari identitas itu untuk apa materi ini," ujar Haris Azhar, dikutip VOI, Senin, 22 November.

"Lalu ketiga terkait materinya, saya jelaskan sebagaimana di materi YouTubenya itu soal terkait situasi di Papua yang juga punya korelasi dengan banyak hal kepentingan publik yang lebih luas lagi," sambungnya.

Terkait konten yang dipermasalahkan, Haris menyebut seharusnya dimaknai sebagai kritik. Sehingga, dugaan-dugaan yang disampaikan dalam video harus diselesaikan.

"Yang berikutnya lagi adalah sebenarnya kami mau mengatakan bahwa apa yang saya bahas di YouTube itu sesuatu yang harusnya diselesaikan oleh negara ini oleh republik ini oleh penguasanya,"papar Haris.

Sebab kondisi di Papua saat ini menurutnya semakin memanas. Tercatat ada dua kali penyerangan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata. Di mana, satu penyerangan di antaranya memakan korban jiwa dari anggota TNI.

"Terbukti ya, apa yang kita bahas di Papua itu soal praktik bisnis, soal kekerasan toh di Papua saat ini situasi tambah memburuk. Bahkan, polisi pun jadi korban," kata Haris.

Karena itu, terlepas dari perkara, Haris meminta kepada pemerintah untuk serius menangani permasalahan di Papua dibandingkan sibuk memidanakannya atas pernyataannya.

"Jadi, daripada pidanain saya lebih baik penguasa di republik ini segera urus Papua supaya damai, supaya emggak ada korban," ujar Haris.

Artikel ini telah tayang dengan judul Klarifikasi Dugaan Pencemaran Nama Baik, Haris Azhar Jelaskan Materi yang Singgung Luhut.

Selain informasi soal kasus pencemaran nama baik luhut Binsar Pandjaitan, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di bali.voi.id. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!