Catat! Ini 5 Tips Meningkatkan Kualitas Udara di Dalam Rumah
Ilustrasi. (Pixabay).

Bagikan:

DENPASAR – Tips meningkatkan kualitas udara di dalam rumah wajib diketahui oleh setiap orang, mengingat kualitas udara yang buruk tak baik untuk kesehatan.

Menurut riset dari Dr. Nicholas BuSaba, profesor dari Harvard Medical School, banyak hal yang menurunkan kualitas udara sebenarnya tidak berbau. Maka dari itu, menjaga kualitas udara dalam ruangan sangat penting untuk mencegah masalah pernapasan dan mengurangi alergen atau penyebab alergi.

Berikut cara untuk menjaga kualitas udara dalam rumah, melansir laman Cosmopolitan, Sabtu, 3 Juli.

Jaga kebersihan dalam ruangan

Rutinitas bersih-bersih dapat mencegah berkumpulnya debu, jamur, hingga bulu binatang peliharaan favorit di ujung-ujung ruangan yang jarang tersentuh. Bila Anda menyimpan karpet, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya minimal satu kali dalam seminggu. Bersihkan juga sprei dan tirai jendela secara rutin untuk meminimalisir alergen dalam rumah.

Biarkan udara luar masuk ke dalam ruangan

Bukalah pintu dan jendela rumah dari waktu ke waktu agar udara segar dapat tersirkulasi, khususnya area lembab seperti kamar mandi dan dapur. Gunakan kipas angin untuk mengeluarkan bau tidak sedap, dan bersihkan area-area lembab dari jamur.

Simpan tanaman di luar ruangan

Tanaman dalam ruangan memang cantik, namun tanaman juga bisa menjadi sarang jamur dan mengumpulkan debu. Meskipun beberapa jenis tanaman dapat meningkatkan kualitas udara dengan merilis oksigen, tanaman juga seringkali menjadi penyebab yang menyebabkan alergi untuk banyak orang. “Jika dibandingkan, tanaman dalam ruangan lebih sering menciptakan masalah ketimbang memberikan keuntungan,” jelas Dr. BuSaba.

Ganti filter AC

Pendingin ruangan memang efektif dalam menyegarkan ruangan dan berbagai teknologi baru juga bisa meningkatkan kualitas udara, namun ingat bahwa hampir semua bagian dalam AC memiliki filter yang membersihkan udara. Nah, penting sekali untuk membersihkan filter ini secara reguler, karena debu berkumpul di dalamnya dan malah tersirkulasi dalam ruangan.

Gunakan air purifier

Apakah Anda sering bersin di dalam ruangan tanpa sebab? Mungkin udara di dalam ruangan tersebut kurang bersih, atau bulu binatang peliharaan merupakan alergen. Untuk mengatasinya, belilah air purifier yang berkualitas - anggap ini sebuah investasi untuk saluran pernapasan yang lebih sehat. Letakkan alat ini di tengah ruangan yang sering Anda gunakan, and you might feel the difference.

Artikel ini telah tayang dengan judul Agar Hidup Makin Sehat, Begini Cara Meningkatkan Kualitas Udara dalam Rumah.

Selain informasi soal tips meningkatkan kualitas udara di dalam rumah, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!