Libido Menurun? Begini Cara Meningkatkan Kualitas Hubungan Seksual
Ilustrasi (Neon Brand/Unsplash)

Bagikan:

DENPASAR – Kehidupan seks yang ‘panas’ merupakan hal yang diidamkan oleh sebagian besar pasangan suami istri, terlebih bagi yang sudah lama menikah.

Akan tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa kesibukan tiap hari bisa memengaruhi kehidupan seksual. Kelelahan bekerja di rumah, atau di kantor, mengurus anak-anak, masalah keuangan atau masalah yang lain, dapat memengaruhi hasrat seksual.

Meski begitu, seks tak seharusnya ditempatkan sebagai "urusan" terakhir yang harus dilakukan ketika semua beban kehidupan datang. Jika pun masalah seks dengan pasangan sudah lama tidak sehat, belum terlambat untuk memperbaikinya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dan diterapkan bersama pasangan.

Dikutip dari Psychology Today, Minggu, 27 Februari, berikut lima cara terbaik meningkatkan kualitas hubungan seksual setelah menikah.

Lebih sering bicara tentang seks

Menurut penelitian, pria melaporkan hampir selalu mengalami orgasme, tapi merasa lebih puas jika mereka bicara tentang detail seks dengan pasangan. Sedangkan, wanita melaporkan bahwa mereka tidak orgasme sebanyak pria, tetapi mengalami orgasme lebih sering ketika berhubungan seks atau ketika diskusi tentang konten seksual.

Diskusi tentang keinginan seksual

Diskusikan seks di luar kamar tidur, sebagai bagian rutin untuk meningkatkan kualitas hubungan Anda secara keseluruhan. Bicarakan tentang apa yang Anda lakukan saat berhubungan seks dan apa artinya, apa yang Anda dan pasangan inginkan, apa yang Anda sukai, apa yang tidak Anda sukai, kapan waktu terbaik untuk berhubungan seks, kapan Anda tidak menginginkan seks, apa fantasi Anda, apa yang terasa enak, apa yang tidak enak, dan sebagainya. Berbicara tentang hubungan tanpa membahas seks dapat meningkatkan kepuasan hubungan secara keseluruhan, tetapi tidak berkorelasi dengan kepuasan seksual itu sendiri.

Membuat rencana

Ketika pasangan sama-sama sibuk, rencanakan untuk berhubungan. Memang ada banyak pasangan mungkin tak ingin waktu berhubungan seks dijadwalkan karena terkesan kaku. Namun, ingatlah kembali pada sudut pandang kita. Kita bisa membuat rencana yang semenarik seks spontan. Menggoda sepanjang hari atau menentukan kencan seks bisa membantu.

Jangan abaikan pasangan

Menggerutu atau mengabaikan pasangan di siang hari bisa merusak kesempatan untuk mendapatkan pengalaman bercinta yang positif pada malam harinya.

Beri jeda

Jangan terlalu terburu-buru untuk memperbaiki. Beri jeda 1-2 hari untuk kemudian memulainya kembali bersama pasangan. Ingatlah bahwa ini bukan tentang kuantitas melainkan tentang kualitas.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Cara Meningkatkan Kualitas Hubungan Seksual Setelah Menikah.

Selain informasi soal cara meningkatkan kualitas hubungan seksual, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.