Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama PPKM Darurat
Ilustrasi. (Pexels/Geroge Milton).

Bagikan:

DENPASAR – Selama Masa PPKM darurat, Anda dan keluarga diwajibkan tetap di rumah saja untuk membantuk menekan penyebaran virus corona SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19.

Namun, selama masa PPKM darurat, ada juga kabar-kabar yang bikin Anda tak berkenan. Agar kesehatan mental tetap terjaga, ada cara-cara sederhana yang bisa dilakukan seperti berikut di bawah ini.

1. Imbangi dengan baca berita positif

Terpaan kabar buruk bertubi-tubi terkait virus, terutama COVID-19, bisa memicu ketakutan, meningkatkan hormon stres, dan menguatkan rasa cemas.

Dikutip dari Cosmopolitan, Sabtu 9 Juli, menurut seorang profesor psikologi di University of Sussex bahwa kabar buruk bisa memicu reaksi berlebihan.

Oleh karena itu, kabar yang tidak mengenakkan perlu diimbangi dengan kabar positif yang menenangkan hati dan pikiran. Jika memungkinkan, bisa juga dengan detoks berita buruk atau memilih kabar-kabar yang menenangkan maupun terkait hobi Anda.

2. Olahraga rutin

Ada dua alasan menjadikan olahraga masuk dalam rutinitas. Pertama, olahraga bisa memicu produksi hormon endorfin atau dikenal dengan hormon bahagia. Nah, yang kedua sudah jadi rahasia umum bila bermanfaat menjaga kesehatan fisik.

3. Menjaga komunikasi dengan orang lain

Di rumah bukan berarti Anda tidak berkomunikasi dengan orang lain. Misalnya, Anda dapat berinteraksi dengan keluarga jauh dengan video call atau saling kirim pesan yang menguatkan satu sama lain.

Interaksi sosial yang terbatas, menurut riset yang dipublikasikan Economic and Research Social Council, memang besar pengaruhnya pada kondisi mental. Maka untuk meminimalisir efek negatif pada mental tetapi tetap menjalani pembatasan perjumpaan fisik, tetaplah berkomunikasi dengan orang lain.

4. Bikin suasana di rumah jadi lebih menyenangkan

Cara menjaga kesehatan mental selama PPKM Darurat bisa dengan membikin suasana rumah jadi lebih menyenangkan. Seperti menjaga kerapian dan kebersihan rumah, berkebun di balkon atau halaman, memasak menu bernutrisi kesukaan, mendengarkan musik, dan membaca buku-buku favorit.

5. Meditasi

Meditasi merupakan cara untuk meningkatkan self-acceptance atau kemampuan diri untuk menerima, baik menerima kondisi di luar maupun dalam diri. Meditasi juga bisa mengatasi rasa cemas, gelisah, stres, hingga depresi.

Anda dapat melakukan meditasi secara rutin sambil menyalakan aroma terapi. Bisa juga dilakukan di halaman agar menghirup udara segar.

Artikel ini telah tayang dengan judul Agar Kesehatan Mental Tetap Terjaga selama PPKM Darurat, Begini 5 Caranya.

Selain informasi soal Tips menjaga kesehatan mental selama PPKM darurat, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!