NASA Bakal Kirim Bayi Cumi-cumi ke Luar Angkasa dengan Roket Space X
Ilustrasi bayi cumi-cumi. (Dok. NASA).

Bagikan:

DENPASAR – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (Nasional Aeronautics and Space Administration/NASA) akan kembali mengirim pasokan yang dibutuhkan astonot untuk hidup di luar angkasa dengan roket Space X pada 3 Juni mendatang.

Dalam misi tersebut, NASA juga akan membawa bayi cumi-cumi untuk keperluan riset ilmiah di luar angkasa. Nantinya, bayi cumi tersebut akan dikirim ke Internasional Space Station (ISS).

NASA pelajari efek penerbangan luar angkasa terhadap interaksi mikroba

Mengutip Slashgear, Minggu, 30 Mei, NASA membawa sejumlah cumi-cumi pada kargo ke-22 yang akan datang. Dengan mempelajari efek penerbangan luar angkasa pada interaksi mikroba. NASA mengatakan bisa mengembangkan langkah-langkah perlindungan untuk membantu memastikan kesehatan jangka panjang para astronot saat mereka menuju lebih dalam ke luar angkasa.

Salah satu studi luar angkasa tersebut adalah Understanding of Microgravity on Animal-Microbe Interactions (UMAMI). Diketahui, mikroba memainkan peran penting dalam kehidupan, termasuk membantuk manusia tetap sehat.

Di samping itu, NASA ingin memahami apakah ada efek jika penerbangan luar angkasa terdapat mikroba bermanfaat ini. Lalu, bagaimana penerbangan bisa memengaruhi peran mereka dalam membantu mempertahankan kehidupan.

Lebih lanjut, penelitian tersebut juga dapat menjelaskan bagaimana interaksi antara mikroba dan hewan yang bisa membantu meningkatkan dan melindungi hubungan semacam itu di Bumi.

Proses pasokan ulang akan mencakup eksperimen ilmiah lainnya, termasuk water bears, perangkat ultrasonik portable yang disebut Butterfly IQ Ultrasound, Pilote ESA, model sel ginjal untuk mengevaluasi pembentukan batu ginjal di luar angkasa, penelitian yang melibatkan kapas, dan masih banyak lagi.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul NASA Bawa Cumi-cumi ke Luar Angkasa dengan Roket Space X.

Selain informasi soal NASA kirim bayi cumi-cumi ke luar angkasa, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!