Ketahui 4 Jenis Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol, Wajib Dipraktikkan Setelah Lebaran!
Ilustrasi. (Unsplash).

Bagikan:

DENPASAR – Hidangan lebaran biasanya identik dengan menu berlemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, seperti opor ayam, rendang, gulai kambing, dan lain sebagainya. Namun, Anda jangan khawatir, sebab ada beberapa macam olahraga untuk menurunkan kolesterol.

Perlu diketahui, kolesterol merupakan lemak yang beredar di dalam darah. Kolesterol tinggi dapat menyerang siapa saja, dari yang tua hingga muda. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kolesterol yaitu dengan rutin berolahraga.

Olahraga untuk menurunkan kolesterol

Dilansir dari Healthline, Kamis, 13 Mei, rutin berolahraga dan memperbaiki gaya hidup merupakan cara paling efektif untuk meningkatkan kadar kolesterol baik atau High-Density Lipoprotein (HDL). Para peneliti pun melaporkan bahwa orang yang aktif secara fisik kemungkinan besar lebih banyak kandungan HDL nya dalam tubuh dibanding wanita yang tidak aktif.

Olahraga dapat membantu Anda menurunkan angka kolesterol tinggi meskipun Anda memiliki berat badan yang berlebih. Berikut empat macam olahraga yang dapat menurunkan kolesterol:

1. Yoga

Dampak dari kolesterol tinggi yaitu meningkatnya risiko penyakit jantung. Yoga, merupakan salah satu olahraga yang dapat mengurangi risiko penyakit ini. Untuk itu, rutin melakukan yoga selama tiga hingga empat bulan, dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat Low-Density Lipoprotein (LDL).

2. Jalan kaki

Jalan kaki pun ternyata terbukti dapat menurunkan kolesterol tinggi. Menurut peneliti, dengan berjalan kaki sejauh 4,3 mil dengan kecepatan tinggi dapat memakan energi yang sama dengan berlari sejauh tiga mil. Maka dari itu, Anda bisa coba untuk jalan kaki untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Jogging

Jika Anda sering melakukan jogging di pagi hari, olahraga ini adalah hal yang bagus untuk menurunkan kolesterol tinggi dan bahkan bisa untuk mengatur berat badan Anda. Namun, Anda juga tidak perlu lari secara berlebihan karena lari dengan santai merupakan cara yang lebih baik.

4. Bersepeda

Jika usia Anda di atas 40 tahun, Anda sangat disarankan untuk menurunkan kolesterol tinggi lewat olahraga bersepeda dibandingkan berlari. Mengapa? Sebab, seiring bertambahnya usia, seseorang akan sangat rentan terkena radang pinggul dan lutut jika berlari. Cobalah bersepeda ke tempat yang ingin Anda kunjungi seperti kantor, pusat perbelanjaan, taman bermain, rumah rekan, atau rumah saudara.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul 4 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi.

Selain informasi soal olahraga untuk menurunkan kolesterol, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!