Rutin Olahraga Tapi Tak Membuahkan Hasil? Ketahui 7 Alasannya
Ilustrasi olahraga. (iStockphoto)

Bagikan:

DENPASAR - Olahraga perlu dilakukan secara rutin agar tubuh tetap sehat dan bugar. Selain itu, tak sedikit orang yang berolahraga untuk mencapai hal tertentu, seperti menurunkan berat bedan. Hanya saja, banyak yang putus asa di tengah usahanya karena hasil tak kunjung diperoleh. 

Dikutip VOI dari Men’s Variety, hasil yang optimal dari berolahraga tak bisa didapatkan secara instan. Apa yang dituju akan didapat secara perlahan seiring dengan tahapan yang bertambah setiap waktu. Nah, berikut alasan kenapa olahraga rutin tetapi tidak melihat perubahan yang diinginkan.

1. Memformat ulang hasil akhir yang dinginkan 

Tubuh setiap orang berbeda dan olahraga dilakukan untuk perubahan yang nyata. Misalnya, Anda berolahraga untuk menurunkan berat badan akan berbeda jenis olahraga yang dilakukan untuk tujuan menambah massa otot. Setiap capaian membutuhkan waktu dan hindari membandingkan diri Anda dengan orang lain.

2. Tidak konsisten 

Olahraga bukan tentang seberapa cepat tubuh mengalami perubahan yang diharapkan. Latihan dan kebugaran juga perlu diimbangi gaya hidup, seperti menjalani gaya hidup sehat secara konsisten. Artinya, meski Anda olahraga setiap hari tetapi masih menjalani gaya hidup yang buruk maka olahraga tidak akan mendapatkan hasil optimal.

3. Gerakan olahraga tidak seimbang

Gerakan perut seperti crunch yang menyakitkan tetap tak boleh dilewatkan. Karena olahraga seimbang membantu tubuh mendapatkan pengalaman secara menyeluruh. Jadi, lakukan gerakan secara seimbang agar tujuan Anda terlihat di depan mata.

4. Waktu istirahat terlalu lama

Ketika berolahraga, Anda perlu memberikan ‘segalanya’. Termasuk memperhatikan seberapa sering dan berapa lama istirahat. Istirahat memang baik, tetapi pastikan tidak beristirahat selama 3 menit dan berolahraga lagi selama 2 menit.

5. Tidak ada variasi 

Sesuatu yang tidak membuahkan hasil, perlu diperbarui. Ketika Anda fokus pada olahraga menurunkan berat badan, jangan sampai Anda melewatkan angkat beban untuk mengencangkan massa otot. Atau mungkin Anda perlu melakukan olahraga kardio agar seluruh bagian tubuh kembali segar. Jika Anda melakukan olahraga yang sama secara rutin tetapi tidak membuahkan hasil, coba lakukan perubahan dalam tahapan maupun jenis olahraga.

6. Mengambil waktu pemulihan lebih lama 

Terlalu banyak berolahraga terdengar seperti ide yang bagus, tetapi sebenarnya tidak. Anda perlu memberi tubuh cukup waktu untuk pulih. Otot-otot kemudian mendapatkan waktu untuk rileks dan membangun kembali dengan kekuatan lebih. Untuk itu, disarankan mengambil waktu pemilihan satu atau dua hari.

7. Kurang tidur dan diet buruk

Kebiasaan tidur juga berkontribusi pada hasil olahraga rutin yang Anda lakukan. Dapatkan tidur yang cukup dan berkualitas untuk membiarkan tubuh pulih dari lelah kemudian segar kembali. Selain disebabkan kurang tidur, diet buruk juga mempengaruhi hasil yang ingin Anda capai dengan olahraga rutin.

Itulah tujuh alasan kenapa olahraga tidak membuahkan hasil. Pernahkah Anda mengalaminya? Jika ya, saatnya mengevaluasi dan mengubah rencana gaya hidup Anda.

Artikel ini telah tayang dengan judul Rutin Olahraga Tapi Tak Membuahkan Hasil yang Diinginkan? Ketahui 7 Alasannya

Selain informasi soal penyebab olahraga tak membuahkan hasil, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.