Kadar Kolesterol Anda Naik Setelah Iduladha? Lakukan 5 Olahraga Ini untuk Menurunkannya
Ilustrasi (Victor Freitas/Pexels)

Bagikan:

DENPASAR - Setelah Iduladha, sebagian orang mengeluhkan kolesterol naik akibat konsumsi makanan berlemak dan daging merah. Lantas, bagaimana cara menurunkannya? 

Perlu diketahui, melakukan aktivitas olahraga setelah mengonsumsi makanan berlemak dengan bahan utama daging, bisa bantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Jika kadar kolesterol tubuh normal, maka kesehatan pun dapat terjaga dengan baik. Berikut adalah olahraga yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko penyakit kolesterol.

Yoga

Merupakan penggabungan antara gerakan, teknik pernapasan, dan ketenangan pikiran. Olahraga ini membuat Anda lebih rileks namun dapat mengeluarkan banyak keringat. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa melakukan yoga secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 35 persen dan membantu meningkatkan kolesterol baik pada tubuh.

Zumba

Melakukan zumba atau aerobik setelah menyantap daging yang lezat sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Jika Anda menyukai olahraga yang cukup aktif, lakukanlah kegiatan satu ini karena berfokus pada gerakan terus menerus yang diiringi oleh musik dengan irama yang cukup cepat. Dijamin, lemak tubuh yang menumpuk setelah konsumsi daging di hari Raya Iduladha, akan berkurang.

Tai Chi

Olahraga satu ini termasuk dalam cabang bela diri dan terkenal efektif menurunkan kolesterol. Gerakan-gerakan pada seni bela diri asal Negeri Tirai Bambu ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sekitar 15 persen dan menaikkan kolesterol baik hingga 7 persen. 

Bersepeda

Bersepeda dapat membakar kalori sebanyak Anda melakukan jogging. Rutin bersepeda bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, bersepeda juga bagus untuk mengencangkan otot dan memperkuat sendi. Pilih jenis sepeda yang sesuai dengan postur tubuh Anda. Tujuannya tak lain demi kenyamanan diri saat berolahraga.

Renang

Jika jogging dan bersepeda terlalu berat untuk Anda lakukan, maka berenang dapat mengatasi masalah kolesterol Anda dengan efektif. Dengan berenang, artinya Anda menggerakan seluruh anggota tubuh, tanpa terkecuali. Selain menurunkan kolesterol, berenang sangat bagus untuk kesehatan jantung.

Artikel ini telah tayang dengan judul Turunkan Kolesterol Setelah Santap Daging saat Iduladha dengan 5 Olahraga Ini

Selain informasi soal olahraga untuk turunkan kolestrol, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.