Tips Membedakan Alat Rapid Test Antigen Baru dan Daur Ulang
Alat rapid test antigen. (Pixabay).

Bagikan:

DENPASAR – Tips membedakan alat rapid test antigen baru dan daur ulang wajib diperhatikan oleh setiap orang, mengingat beberapa hari lalu, ada oknum yang secara sengaja menggunakan alat rapid test antigen bekas untuk diagnostik COVID-19.

Cara mengenali alat rapid test antigen  baru dan bekas

Ahli Patologi Klinik dari Laboratorium Primaya Hospital Karawang dr. Hadian Widyatmojo, Sp.PK, membeberkan cara mudah untuk membedakan alat tes usap yang baru dengan daur ulang adalah dengan melihat kemasannya, apakah masih tersegel dengan baik atau sudah rusak.

Hadian mengatakan, masyarakat dapat meminta petugas swab untuk memperlihatkan bahwa alat swab masih baru di dalam kemasan dan dibuka di depan pasien. Petugas juga akan menanyakan ulang nama pasien sebelum melakukan pemeriksaan untuk menghindari kesalahan identitas pasien.

"Anda bisa mencurigai jika tidak melihat alat swab tersebut dibuka dari tempatnya di depan Anda," ujar dr. Hadian melalui keterangannya, dikutip VOI dari Antara, Sabtu, 8 Mei 2021.

Dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Bekasi Barat dr. Dwi Fajaryani, Sp.PK, menambahkan, sebelum dilakukan pemeriksaan, mintalah petugas perlu menunjukkan kepada Anda bahwa alat masih dalam kemasan sebelum dipakai.

"Petugas akan membuka bungkus plastiknya sesaat sebelum tindakan swab untuk menjaga agar alat tersebut tetap steril dan mencegah kontaminan," ujar dr. Dwi.

Ia juga mengatakan bahwa tidak diperkenankan masyarakat umum untuk membeli alat swab sendiri karena penggunaan alat swab harus dilakukan dan dalam pengawasan tenaga medis ahli.

Selain informasi mengenai tips membedakan alat rapid test antigen baru dan bekas, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!