Tak Bawa Surat Rapid Antigen, 4 Pemudik yang Akan Masuk Bali Diamankan Dishub Denpasar
Dishub Denpasar amankan pemudik yang tak bawa surat rapid antigen. (Antara).

Bagikan:

DENPASAR – Sebanyak 4 orang pemudik yang masuk Kota Denpasar, Bali diamankan oleh petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) setempat karena tak membawa surat rapid test antigen saat penyekatan arus balik di Terminal Mengwi, Badung, Bali.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Denpasar I Ketut Sriawan di Denpasar, Selasa 18 Mei, mengatakan, penangkapan empat orang itu dimaksudkan untuk mengingatkan agar semua pihak memperketat penjagaannya di pintu-pintu masuk.

"Perketat penjagaan harus dilakukan mengingat persyaratan perjalanan dalam negeri itu wajib membawa dan menujukkan surat keterangan uji usap atau rapid test antigen," ucap Sriawan.

Pemudik sempat bersembunyi untuk mengindari petugas

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan tim gabungan tersebut, ternyata empat orang itu saat di penyeberangan bersembunyi dan ada dugaan tidak diperiksa oleh petugas sehingga mereka lolos masuk Bali.

Untuk mencegah penularan COVID-19, maka tim gabungan melakukan rapid test antigen di tempat terhadap empat orang tersebut. Hasil uji usap itu semua yang menunjukkan hasil negatif atau non-reaktif.

Menurut Sriawan dalam masa pandemi COVID-19, Dishub Kota Denpasar mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengantisipasi dan meminimalkan penularan COVID-19 sehingga tidak sampai terjadi lonjakan kasus pandemi ini.

Ia menuturkan dengan diperketatnya penjagaan di pintu masuk dapat membantu satgas desa/kelurahan di dalam menekan penularan COVID-19. Serta menguatkan kondisi lingkungan desa/kelurahkan yang selama ini dikerjakan dengan baik oleh satgas penanggulangan COVID-19 di setiap desa dan kelurahan.

"Sehingga bagi orang masuk ke Kota Denpasar harus memenuhi protokol kesehatan, yakni membawa surat rapid test dan isolasi mandiri. Operasi penyekatan arus balik ini dilakukan hingga 24 Mei mendatang termasuk pencegatan di posko induk Jalan Cokroaminoto perbatasan Denpasar - Kabupaten Badung," tuturnya.

Selain informasi soal 4 pemudik yang akan masuk Bali diamankan Dishub Denpasar, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!