Penjelasan BMKG Soal Penampakan Milky Way di Bali saat Malam Nyepi
Ilusrtasi penampakan milky way di Bali. (Instagram/@denpasarnow).

Bagikan:

DENPASAR - Foto penampakan bintang bertebaran dan tampak jelas di langit saat malam Nyepi di Bali, pada Minggu, 14 Maret 2021, viral di media sosial.

Fenomena langit macam ini disebut milky way atau galaksi bimasakti dengan taburan bintang menyala.

"Sebetulnya milky way atau rasi Bintang Bimasakti itu akan terlihat lebih baik bila tidak ada pengaruh cahaya lain misalnya juga dari bulan. Kebetulan, pada saat Nyepi, tidak ada cahaya yang nyala. Sehingga benar-benar bersih di angkasa dan langit cerah,"  Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar Iman Faturahman kepada VOI, Senin, 15 Maret.

Tak hanya di malam Nyepi

BMKG menyampaikan fenomena milky way tidak hanya terjadi pada malam Nyepi tapi kadang terjadi di bulan Juni sampai November ketika musim kemarau.

"Kadang di bulan yang paling bagus itu di Juni sampai awal November kelihatan juga. Ada juga pengamatan-pengamatan terkait dengan millky way itu. Kalau kita lihat di Juni sampai November itu kan posisi matahari juga ada di sisi arah utara," ujar Iman.

"Jadi utaranya dari ekotrial, kemungkinan dengan arah di sana musim kemarau.  Jadi langit akan lebih minimal perawannya, dengan minimal perawannya otomatis akan lebih mudah melihat langit yang lebih cerah dibandingkan musim hujan pada saat saat musim peralihan," ujar Iman.