Mengenal Pulung Nyepi, Makanan Tradisional Bali yang Disajikan saat Perayaan Nyepi
Ilustrasi Pulung Nyepi, makanan khas Bali dihidangkan saat Nyepi (Instagram/subtleasian.cooking)

Bagikan:

DENPASAR – Pernahkah Anda mengonsumsi Pulung Nyepi? Pulung Nyepi merupakan makanan tradisional khas Bali yang menjadi hidangan saat Hari Raya Nyepi.

Camilan ini wajib dihidangkan sehari sebelum Nyepi. Pasalnya, makanan ini merupakan salah satu sesaji dalam upacara.

Di Desa Sukasada, Kabupaten Buleleng, Pulung Nyepi merupakan makanan tradisi secara turun temurun dari leluhur. Disebut sebagai pulung nyepi karena diambil dari kehadiran camilan ini dihidangkan, yaitu pada Hari Pengerupukan atau sehari menjelang Hari Raya Nyepi.

Cara pembuatan Pulung Nyepi

Proses pembuatan Pulung Nyepi sangat sederhana apalagi bahannya. Bahan-bahannya terdiri dari tepung beras, tepung kanji, dan sedikit parutan kelapa. Diolah dengan dikukus saja. Cara pembuatannya pun tidak ribet, cukup dengan mencampurkan kedua jenis tepung dan parutan kelapa. Uniknya, bentuknya dipulung-pulung sehingga berbentuk lonjong. Tekstur kenyal, rasa sedikit manis, dan berpadu gurih bertabur kelapa parut di atasnya.

Sekilas pandang, Pulung Nyepi berbentuk mirip dengan cenil, makanan tradisional yang dijual di pasar. Tetapi secara warna, mirip dengan biji salak karena berwarna kecokelatan. Soal rasa, memang tak begitu tajam.

Disamping Pulung Nyepi, camilan lain juga wajib dihidangkan dalam hari suci umat Hindu di Bali, antara lain jaja apem dan kue celorot. Jaja merupakan bahasa setempat untuk menyebut kue, bahannya terbuat dari tepung beras. Sama seperti dua sebelumnya, kue celorot juga berbahan butiran beras yang dihaluskan.

Ketiga jajanan di atas, bisa Anda temukan tak ketika Nyepi. Di pasar-pasar tradisional di Bali, banyak yang menjajakan camilan sederhana namun memiliki rasa istimewa.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pulung Nyepi, Camilan Khas Bali Berbahan Tepung Beras yang Disajikan saat Nyepi.

Selain informasi soal makanan tradisional Bali Pulung Nyepi, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.