Polda Bali Kerahkan 6.125 Personel untuk Pengamanan Hari Raya Nyepi
Ilustrasi. (VOI).

Bagikan:

DENPASAR – Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Syamsi menyebut pihaknya bakal mengerahkan 6.125 personel untuk pengamanan selama rangkaian Hari Raya Nyepi Tahun 2022 yang tersebar di sembilan polres dan polresta di wilayah Bali.

"Total kekuatan personel yang melaksanakan pengamanan selama rangkaian Hari Raya Nyepi berjumlah 6.125 personel, dan jumlah terbanyak di wilayah Polresta Denpasar 1.288 personel," kata Kombes Syamsi, dikutip dari Antara, Selasa, 1 Maret 2022.

Rincian kekuatan personel di tiap Polres

Ia memerinci jumlah personel Polresta Denpasar sebanyak 1.288 petugas, Polres Buleleng 520 personel, Polres Tabanan 682 personel, Polres Gianyar 517 personel, Polres Klungkung: 415 personel, Polres Bangli: 411 personel, Polres Karangasem 761 personel, Polres Jembrana 819 personel, dan Polres Badung 712 personel.

Sementara itu, menjelang pelaksanaan Hari Raya Nyepi Tahun 2022 Polres Klungkung, Bali mengutamakan pengamanan yang dilakukan berbasis Desa Adat dengan menggandeng petugas keamanan di Desa Adat setempat yaitu Pecalang.

"Tentu kami mengajak Desa Adat untuk bersama-sama menjaga dan mengawasi aktivitas sebelum Nyepi untuk menghindari lonjakan kasus. Mengingat situasi yang begitu rawan akan lonjakan kasus COVID di Klungkung, jadi diharapkan prokes ketat tetap dilakukan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan dalam rangkaian pelaksanaan Nyepi mulai 28 Februari akan dilaksanakan ritual melasti, namun dalam pelaksanaannya nanti diatur sedemikian rupa dan dibatasi agar tidak menimbulkan kerumunan, serta prokes ketat.

Pengawasan nantinya akan dipantau langsung oleh Bendesa Adat, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Pecalang di wilayah masing-masing.

“Tentu kita harus antisipasi bersama, terutama saat pengerupukan di mana kita sudah sepakati bersama agar dalam pengarakan ogoh-ogoh cukup hanya di wewidangan (wilayah) banjar saja dijalankan sampai tempat pembakaran dan tidak diadakan pawai,” jelasnya.

Selain informasi soal pengamanan Hari Raya Nyepi, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.