3 Tempat Wisata Budaya di Bali yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan
Ilustrasi. (Freepik)

Bagikan:

BALI - Ada banyak objek pariwisata di Bali yang dapat Anda kunjungi saat berpakansi ke Pulau Dewata. Salah satunya adalah obyek wisata.

Apabila Anda ingin mengenal lebih jauh soal keberagaman budaya dan kesenian yang ada di Bali, berikut beberapa tempat yang harus dikunjungi, dihimpun VOI dari berbagai sumber.

1.      Desa Tenganan

Saat berkunjung ke Desa Tengenan, Anda akan melihat bahwa masyarakat di desa tersebut masih mempertahankan pola hidup yang mengacu pada aturan adat istiadat dari para leluhur.

Tradisi Ayunan di Desa Tengenan (Instagram Aryulangun)

Desa Tenganan mulai dikenal sebagai destinasi wisata budaya Bali sejak tahun 1970-an. Semua bangunan di daerah tersebut mempunyai gaya arsitektur yang unik. Orang-orang yang bermukim di Desa Tenganan masih banyak yang mengenakan kain gringsing, sejenis kain tenun yang dipercaya dapat melindungi diri dari pengaruh jahat.

2.      Taman Air Sukasada

Terletak di Banjar Ujung, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Karangasem, Bali, Taman Air Sukasada mempunyai pemandangan laut dan taman bernuansa klasik yang sangat indah.

Taman Air Sukasada (Instagram)

Arsitektur bagunannya sangat unik, kombinasi antara kebun khas Eropa dan reruntuhan bangunan. Karenanya, tak heran jika objek wisata ini kerap dijadikan sebagai tempat foto pre wedding.

Dulunya, Tamain Air Sukasada adalah tempat pemandian para raja. Seiring berjalannya waktu, fungsinya berubah menjadi tempat peristirahatan bagu para delegasi dari kerajaan Karang Asem. Kini, Taman Air Sukasada berubah menjadi objek wisata budaya di Bali.

BACA JUGA:


3.      Pura Besakih

Pura Besakih berada di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali. Di dalam pura Besakih ada satu pura yang paling besar bernama Pura Penataran Agung. Pura inilah yang menjadi pusat dari seluruh pura yang ada di kompleks pura Besakih.

Ilustrasi. (Freepik)

Pura Besakih sangat populer, baik di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Sakiing terkenalnya, pura Besakih diusulkan untuk menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO.