Pintu Masuk Bali Diperketat Usai Kasus Omicron, Satgas Tracing Kontak Erat
Ilustrasi. (Antara).

Bagikan:

DENPASAR – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Provinsi Bali memperketat seluruh pintu masuk menuju Bali usai ditemukannya kasus virus corona SARS-CoV-2 varian Omicron yang menginfeksi wisatawan Surabaya.

Satgas lakukan tracing kontak erat

Sekretaris Satgas COVID-19 Bali, I Made Rentin menyampaikan, pihaknya telah menerjunkan tim gabungan ke tempat-tempat yang pernah dikunjungi pasien tersebut.

Disampaikan Rentin, Satgas melakukan testing dan tracing terhadap orang-orang yang pernah kontak dekat dengan pasien yang positif Omicron.

"Hari ini turun tim gabungan Dinkes (Dinas Kesehatan) Provinsi, Dinkes Badung, Dokkes Polda (dan) Kesdam, untuk lakukan tracing dan langsung testing," kata Rentin, Senin, 3 Januari 2022, dikutip dari VOI.

Mereka yang kontak erat menjalani tes PCR. Bila positif COVID-19, orang itu langsung dikarantina.

“Dalam rangka pengamanan atau langkah antisipasi dilakukan karantina mengingat ada masa inkubasi, untuk meyakinkan dalam rentang waktu beberapa hari ke depan yang bersangkutan bener sehat," papar Rentin.

Saat ini pintu masuk Pulau Dewata Bali diperketat. Pengawasan di area publik dan hotel ditingkatkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali Ketut Suarjaya belum memastikan jumlah orang yang menjalani tes COVID-19 terkait wisatawan asal Surabaya yang dinyatakan positif Omicron usai liburan di Bali.

”Masih sedang proses tracing," ujar Suarjaya.

Suarjaya menyebut warga Surabaya yang positif COVID-19 varian Omicron, datang ke Bali menggunakan jalur darat. Dia mengunjungi sejumlah tempat wisata di Bali pada 20-25 Desember 2021.

"(Pasien) orang dari Surabaya, wisatawan domestik dari Surabaya, dia (pakai jalur) darat pakai mobil pribadi dari Surabaya. Dia menginap di daerah Sawangan, Nusa Dua," terang Suarjaya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Warga Surabaya Positif COVID-19 Omicron Pulang Wisata dari Bali, Pintu Masuk Pulau Dewata Diperketat.

Selain informasi soal pintu masuk Bali diperketat, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI BALI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!