Jadi Gerbang Pariwisata, Wagub Bali-Bupati Lumajang Resmikan Jaba Sisi Pura Ulun Ranu Pane
Peresmian Jaba Sisi Pura Ulun Ranu Pane di Kabupaten Lumajan. (ANTARA HO/Diskominfo Lumajang)

Bagikan:

DENPASAR - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Ardhana Sukawati bersama Bupati Lumajang, Thoriqul Haq meresmikan Jaba Sisi (halaman luar) Pura Ulun Ranu Pane pada Kamis, 14 Juli 2022. 

Pembangunan wantilan Pura Ulun Ranu Pane diharapkan bisa menarik wisatawan domestik dan mancanegara di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. 

"Terima kasih Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Ardhana Sukawati beserta jajaran hadir disini. Hal itu sebagai penghormatan buat kami, rasa persaudaraan masyarakat Bali sangat kami rasakan disini," kata Bupati Lumajang yang biasa dipanggil Cak Thoriq, dikutip dari Antara

Jadi pintu gerbang pariwisata 

Menurutnya pemugaran Pura Ulun Ranu Pane menjadi bagian dari upaya Pemkab Lumajang menjadikan Ranupani sebagai pintu gerbang pariwisata di Lumajang.

"Saya berharap, agar nantinya bisa menjadi jujugan para pelancong, khususnya wisatawan domestik dari Bali untuk berwisata sekaligus beribadah di Pura tersebut," tuturnya.

Cak Thoriq berharap saudara dan keluarga di Bali juga ibadah sekaligus berwisata di Pura Ulun Ranu Pane yang akan menjadi dampak yang sangat positif bagi perekonomian di Kabupaten Lumajang.

Sebelumnya, Cok Ace sapaan akrab Wagub Bali beserta umat Hindu dari Bali berkesempatan melaksanakan piodalan di Pura Mandara Giri Semeru Agung, di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Sebelum melakukan peresmian, Cok Ace yang datang bersama Bupati dan Wakil Bupati Karangasem beserta jajaran Pemprov Bali juga melaksanakan upacara melaspas Jaba Sisi Pura Ulun Ranu Pane yang merupakan upacara penyucian bangunan baru.

"Bahwa peresmian Jaba Sisi Pura Ulun Ranu Pane itu menjadi simbol persahabatan masyarakat Bali dengan Lumajang. Kami menjaga hubungan baik masyarakat Bali dengan Lumajang, itu yang harus kami rawat keharmonisannya," ujarnya.

Upacara Piodalan di Pura Mandara Giri Semeru Agung di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang digelar pada 11 - 24 Juli 2022 dan terbuka untuk masyarakat umum.

Pidolan merupakan upacara tahunan yang diselenggarakan oleh umat Hindu untuk memperingati hari jadi tempat ibadah dan mempererat tali silaturahmi umat Hindu di Pulau Jawa dan Bali.

Artikel ini telah tayang dengan judul Wagub Bali Resmikan Jaba Sisi Pura Ulun Ranu Pane Lumajang

Selain informasi soal Wagub Bali-Bupati Lumajang resmikan Jaba Sisi Pura Ulun Ranu Pane, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.