Wagub Cok Ace Minta Masyrakat Bali Kembali Tekuni Pertanian di Tengah Pandemi
Wagub Bali Tjokorda Oka Ardhana Sukawati alias Cok Ace. (Dok. IST).

Bagikan:

DENPASAR – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengajak masyarakat Bali untuk kembali menekuni pertanian, mengingat sektor pariwisata yang jadi penopang ekonomi Pulau Dewata tengah terpuruk akibat pandemi COVID-19.

"Masyarakat Bali kini mengalami kewalahan, saat sektor tersier khususnya pariwisata mengalami keterpurukan seperti saat ini," kata Wagub Bali saat menjadi narasumber dalam Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Peserta Didik Sespimti Polri Dikreg ke-30 Tahun 2021 di Denpasar, dikutip dari Antara, Rabu 4 Agustus. 

Ekonomi Bali awalnya ditopang sektor agraris

Padahal, lanjut dia, Bali pada awalnya hidup di sektor agraris kemudian beralih pada sektor pariwisata, dan secara tanpa sengaja melompati sektor industri pengolahan (sekunder).

Kontribusi sektor pariwisata sebelum pandemi mencapai 68 persen, sedangkan sektor pertanian dan pengolahan berkisar 15 hingga 17 persen.

"Oleh karena itu, beberapa langkah yang saat ini bisa dilakukan yakni kembali menekuni sektor pertanian, kelautan dan perikanan serta membangkitkan kerajinan lokal sebagai mata pencaharian penopang ekonomi rakyat," ucapnya

Menurut Cok Ace—sapaan akrab Wagub Bali, hikmah yang dapat dipetik saat ini, salah satunya kita harus kembali kepada sektor pengolahan hasil-hasil pertanian.

"Yakni diantaranya memetik buah yang kita tanam contohnya jeruk dan salak masing-masing buah ini dapat diolah menjadi jus dan wine yang kemudian bisa dijual untuk masyarakat lokal. Dengan begitu perputaran ekonomi juga akan kembali tumbuh," katanya.

Selain itu, Cok Ace juga mendorong masyarakat Bali untuk menggunakan transaksi digital dalam kegiatan jual beli hasil produksi.

Selain informasi soal Wagub Cok Ace ajak masyarakat Bali kembali tekuni pertanian, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!