PAN Beberkan Hasil Pembicaraan Zulhas dan Ridwan Kamil, Bahas Peta Politik
Ridwan Kamil/Foto: Antara

Bagikan:

DENPASAR - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) menggelar pertemuan dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Pertemuan tersebut dilangsungkan di kompleks Widya Chandra, Jakarta pada Minggu, 15 Mei 2022. 

Menariknya, pertemuan tersebut digelar sebelum Ridwan Kamil bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato. Zulhas diduga berbicara soal koalisi dengan Ridwan Kamil. 

Zulhas bahas peta politik dengan Ridwan Kamil 

Ketua DPP PAN Saleh Pertaonan Daulay, yang mengaku mendampingi Zulhas dalam pertemuan itu mengungkapkan detail pembahasan. Kata Saleh, pertemuan kemarin adalah pertemuan silaturahim Idulfitri.
 
"Jadi Ridwan Kamil itu datang bertemu dengan Bang Zulkifli Hasan dalam konteks silaturahmi Idul Fitri dan yang hadir itu tentu keluarga, kebetulan saya ada di situ juga," ujar Saleh kepada wartawan, Senin, 16 Mei. 

Ketua Fraksi PAN DPR itu mengungkapkan banyak hal yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut. Mulanya, bercerita tentang keluarga.

"Bang Zul bercerita pengalaman anaknya yang bekerja di Amerika, kemudian Pak Ridwan Kamil cerita juga pengalaman dia kerja di Amerika seperti apa dulu dan seterusnya," ungkapnya.
 
Selanjutnya, kata Saleh, baru bicara terkait peta politik. Apalagi, PAN bergabung dalam Koalisi Indonesia bersatu. Namun, tak disinggung apakah PAN ataupun koalisi bakal meminang Ridwan Kamil atau tidak. 

"Dan berbicara tentu dalam konteks bagaimana peta politik dan potret politik yang ada saat ini, jadi ya di situ saya kira ada irisan sedikit pembicaraan terkait dengan politik," katanya.
 
Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berdiskusi politik dengannya ketika bertemu di Jakarta, Minggu, 15 Mei 2022. Khususnya, soal Koalisi Indonesia Bersatu yang digagas Golkar, PAN, dan PPP.

"Kami pun berdiskusi soal situasi politik dan kebangsaan hari ini. Kang Emil tanya soal Koalisi Indonesia Bersatu yang baru saya bentuk bersama Pak Airlangga dan Pak Suharso minggu lalu," kata Zulkifli Hasan melalui akun twitternya dikutip Senin, 16 Mei.

Zulkifli menyampaikan fondasi pendirian Koalisi Indonesia Bersatu. Yaitu koalisi yang membawa politik gagasan. Namun, soal diskusi politik lainnya, wakil ketua MPR RI ini tidak menjabarkan lebih lanjut.

"Saya sampaikan fokus koalisi ini adalah membawa politik gagasan. Kami percaya Indonesia akan lebih baik jika kita memiliki gagasan, melakukan terobosan dan menjaga persatuan," katanya.
 
 
Selain informasi soal PAN beberkan isi pertemuan Zulhas dengan Ridwan Kamil, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.