Ridwan Kamil Deklarasi Maju Pilpres di Bali, Pengamat: Berpotensi Diduetkan dengan Puan Maharani
Gubernur Jawa Barar M Ridwan Kamil/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

DENPASAR – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan siap maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024) mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan Kang Emil—Sapaan akrab Gubernur Jabar, di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Selasa, 18 Januari, malam.

"Lahir batin sudah siap, tinggal masalah warna (partai) apa saya kabari nanti," kata Kang Emil.

Ridwan Kamil berpotensi diusung PDIP

Terkait hal ini, pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M Jamiluddin Ritonga menilai, deklarasi Ridwan Kamil tidak mengejutkan, karena sebelumnya sudah memberi sinyal ke arah pencapresan.

"Ridwan hanya memberi penegasan dari sinyal sebelumnya," ujar Jamiluddin di Jakarta, Rabu, 19 Januari.

Menurutnya, pemilihan deklarasi di Bali memberi sinyal kemungkinan Ridwan akan diusung PDIP sebagai Cawapres.

"Ridwan sengaja (deklarasi, red) di kandang banteng, untuk memberi sinyal kedekatannya dengan partai moncong banteng putih," kata Jamiluddin.

Jamiluddin mengatakan, ada kemungkinan Ridwan akan berduet dengan Puan Maharani. Hanya saja, kata dia, peluangnya adalah untuk cawapres mendampingi putri dari Ketua Umum PDIP, Megawati.

Dengan deklarasi lebih awal, tambah Jamiluddin, Ridwan memberi ruang dan waktu yang lebih panjang untuk memperkenalkan diri di luar Jawa Barat. Tujuannya, tentu untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas.

"Jadi, Ridwan akan melakukan kerja-kerja politik yang lebih intensif sehingga saat mendekati Pilpres 2024 elektabilitasnya sudah sesuai yang ditargetkan. Hal itu berpeluang diperolehnya bila sejak awal menyatakan sebagai capres," demikian Jamiluddin.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akhirnya terbuka ketika ditanya apakah siap maju dalam Pilpres 2024. Ia mengakui sudah siap secara lahir dan batin.

Kang Emil mengatakan belum menentukan partai mana yang akan digandengnya sebagai kendaraan pada Pilpres 2024. Ia mengaku masih memilih partai yang sesuai keyakinannya, yakni yang konsisten memperjuangkan nilai-nilai Pancasila.

"Saya sudah sampaikan tahun ini, mungkin akan berikhtiar sesuai dengan keyakinan saya. Dan yang saya pegang adalah pasti yang sangat konsisten yang memperjuangkan Pancasila," jelasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Deklarasi Siap Ikut Pilpres 2024 di Bali, Pengamat: Ridwan Kamil Kemungkinan Dilirik PDIP jadi Pasangan Puan Maharani.

Selain informasi soal Ridwan Kamil deklarasi maju Pilpres 2024, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!