Kata Pengamat soal Kemesraan Anies Baswedan dengan Nasdem-PAN-PPP, Bakal Diusung sebagai Capres?
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/FOTO Antara HO Humas Pemprov DKI

Bagikan:

JAKARTA – Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar, Ujang Komarudin memberikan pendapatnya soal ‘kemesraan’ Anies Baswedan dengan tiga partai politik, yakni Nasdem, PAN, dan PPP.

Diketahui, beberapa waktu lalu, Gubernur DKI Jakarta itu terlihat menghadiri kegiatan tiga partai politik tersebut.

Pada 22 Januari lalu, Anies menghadiri dialog kebangsaan Nasdem di Makassar, Sulawesi Selatan. Anies juga mendatangi acara PAN bertajuk "Zulhas Award" pada 29 Januari. Selanjutnya, pada 31 Januari, Anies menghadiri peringatan hari lahir PPP di Yogyakarta.

Kedekatan Anies dengan Nasdem-PAN-PPP fenomena politik biasa

Terkait hal ini, Ujang menilai kedekatan Anies Baswedan dengan Nasdem, PAN, dan PPP merupakan fenomena biasa dalam politik.

Dalam artian, jelang Pemilu 2024, partai-partai yang sejauh ini belum menggaungkan calon presidennya akan mencari tokoh dengan elektabilitas mumpuni.

"Partai punya capres, akan merindukan dan membutuhkan capres yang potensial. Salah satu capres potensial itu dalam pandangan partai-partai salah satu arahnya pada Anies," kata Ujang, dikutip dari VOI, Rabu, 2 Februari.

Elektabilitas jadi kunci

Ujang menyampaikan, Nasdem, PAN, dan PPP belum tentu mengusung Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

Dikatakan, Ujang, semua partai, termasuk partai yang telah menunjukkan kedekatan dengan Anies masih akan memantau perkembangan elektabilitas Anies hingga tahun pemilu nanti.

Dalam beberapa survei, nama mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini memang unggul tiga besar, selain nama Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Namun, yang perlu menjadi catatan, masa jabatan Anies sebagai Gubernur DKI tinggal meghitung bulan sebelum lengser pada Oktober 2022. Jika Anies tak terus bermanuver, elektabilitasnya bisa menurun saat Pemilu 2024 digelar.

"Tetap saja ketiga partai itu masih akan menunggu elektabilitas Anies hingga 2024 nanti," tutur Ujang.

"Kuncinya hanya satu, yaitu elektabilitas. Jika elektabilitas Anies tingggi hingga menjelang pendaftaran capres ke KPU nanti, maka akan ada banyak partai-partai yang mendukungnya. Begitu juga sebaliknya," tambahnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Anies Mesra dengan Nasdem-PAN-PPP, Bakal Diusung Capres?

Selain informasi soal Anies Baswedan, simak perkembangan situasi terkini baik nasional mapun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!