Berapa Durasi Tidur Ideal untuk Usia Paruh Baya? Ini Jawabannya Menurut Studi
Ilustrasi. (Pexels/Anna Nekrashevich)

Bagikan:

DENPASAR - Menjaga pola tidur sehat bisa bantu jaga kesehatan mental. Selain itu, tidur yang berkualitas juga bisa meningkatkan fungsi kognitif, menjaga kesehatan otak serta detoksifikasi. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, pola tidur bisa berubah menjadi tidak sehat. 

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Cambridge dan Universitas Fudan, tidur enggak boleh kebanyakan atau kurang.

Lantas, berapa durasi tidur ideal untuk usia paruh baya?

Mengutip SciTech Daily, Barbara Sahakian mengatakan bahwa tidur nyenyak penting dalam semua tahap kehidupan. Terlebih dengan bertambahnya usia, kualitas dan kuantitas tidur perlu betul-betul diperhatikan. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Aging, peneliti meneliti hampir 500.000 orang dewasa usia 38-73 tahun. Peserta ditanya tentang pola tidur, kesehatan mental, kesejahteraan hidup, dan mengikuti serangkaian tes kognitif.

Peneliti menemukan, tidur kurang atau berlebihan berkaitan dengan gangguan kinerja kognitif. Seperti kecepatan memahami, perhatian visual, memori, dan keterampilan memecahkan masalah. Menurut peneliti berdasarkan data yang didapat, tidur tujuh jam per malam adalah jumlah tidur yang optimal untuk kinerja kognitif dan kesehatan mental yang baik. Sedangkan kesejahteraan yang buruk, dilaporkan dialami ketika tidur lebih lama atau lebih pendek.

Ketika kurang tidur, konsolidasi memori serta penumpukan amyloid. Amyloid merupakan protein kunci, saat salah melipat, maka menyebabkan ‘kusut’ di otak dan mirip dengan karakter demensia. Kurang tidur juga menghambat kemampuan otak untuk membuang racun.

Tim juga menemukan hubungan antara durasi tidur dan perbedaan struktur daerah otak yang terlibat dalam pemrosesan kognitif dan memori. Tidur tujuh jam yang konsisten setiap malam, juga penting untuk mengurangi potensi peradangan dan rentan terhadap penyakit pada usia tua.

Profesor Barbara Sahakian dari Departemen Psikiatri di University of Cambridge, salah satu peneliti, mengatakan bahwa tidur malam yang baik penting di semua tahap kehidupan. Menemukan cara untuk meningkatkan kualitas tidur bagi orang tua dapat menjadi sangat penting untuk membantu mereka menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan yang baik dan menghindari penurunan kognitif, terutama untuk pasien dengan gangguan kejiwaan dan demensia.

Bagaimana cara Anda untuk mendapatkan tidur ideal pada malam hari? Tentu pola hidup sehat berperan dalam membantu Anda lebih mudah tidur tanpa overthinking sebelum terlelap.

Artikel ini telah tayang dengan judul Jangan Kurang atau Kebanyakan, Peneliti Menemukan Durasi Tidur Ideal Usia Paruh Baya

Selain informasi soal durasi tidur yang ideal untuk usia paruh baya, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.