Amankah Gula Merah Dikonsumsi Penderita Diabetes? Begini Jawabannya Menurut Studi
Ilustrasi. (Irina Edilbaeva/Pexels).

Bagikan:

DENPASAR – Penderita diabetes disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang memiliki kadar gula tinggi agar kadar glukosa dalam darah tetap stabil. Akan tetapi, ada makanan manis yang disebut aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, yakni gula merah.

Lantas, amankah gula merah dikonsumsi penderita diabetes?

Melansir dari laman HerStory, Sabtu, 18 September, gula merah dan juga gula putih sama-sama dihasilkan dari bit gula atau tebu. Gula merah memang lebih rendah kalori dibandingkan dengan gula putih.

Selain itu, perlu diketahui kalau gula merah juga mengandung lebih banyak kalsium, zat besi, dan potasium bila dibandingkan dengan gula putih. Namun, ternyata gula merah dan gula putih terdiri dari sukrosa. Kedua jenis gula ini sama-sama bisa meningkatkan kadar gula dalam darah.

Kalau Anda salah satu penderita diabetes, gula merah tidak lebih sehat daripada gula putih. Jadi, Anda tetap perlu membatasi konsumsi gula merah agar tidak memberatkan fungsi ginjal.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kelebihan gula bisa merusak sensitivitas insulin. Rusaknya sensitivitas insulin ini bisa mengurangi kemampuan tubuh untuk mengangkut gula dari darah ke sel secara efisien.

American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi gula tambahan di bawah 6 sendok teh atau 25 gram atau 100 kalori per hari untuk wanita dan kurang dari 9 sendok teh atau 37,5 gram kalori per hari untuk laki-laki.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bolehkah Penderita Diabetes Mengonsumsi Gula Merah? Hasil Penelitian Menunjukkan Ini.

Selain informasi soal keamanan konsumsi gula merah untuk penderita diabetes, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!