Wajib Disimak! Ini Penyebab Wasir dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi penyebab wasir dan cara mencegah wasir (iStock)

Bagikan:

DENPASAR – Ambien atau wasir merupakan gangguan kesehatan yang ditandai dengan adanya benjolan pada anus. Benjolan tersebut disebabkan oleh pembuluh darah venaa yang membengkak dan meradang.

Penyakit wasir alias hemorrhoid tak bisa dianggap sepele karena bisa membuat penderitanya kesulitan buang air besar dan juga BAB berdarah.

Penyebab wasir

Dikutip VOI BALI daru Health Harvard, Sabtu, 11 Desember, wasir biasanya disebabkan oleh peningkatan tekanan darah pada rektum dan sekitar anus. Ini kerap dialami oleh wanita hamil, orang dengan kelebihan berat badan, atau mengejan saat buang air besar. Orang pada usia paruh baya sering punya keluhan wasir.

Sedangkan pada usia 50 tahun, sekitar setengah populasi mengalami satu atau lebih gejala nyeri dubur, gatal, pendarahan, dan prolaps. Prolaps adalah wasir yang menonjol keluar dari saluran anus. Pada umumnya, penyakit wasir jarang berbahaya tetapi menganggu dan dirasakan berulang-ulang.

Wasir eksternal, atau wasir luar merupakan kondisi yang paling mengganggu sebab terletak di bawah kulit sekitar anus. Wasir luar bisa menyebabkan kulit di atasnya terkikis dan teriritasi sehingga akan terasa sakit. Sedangkan wasir internal biasanya tidak menimbulkan rasa sakit bahkan ketika mengalami pendarahan. Wasir internal disebut dengan prolaps yang menyebabkan risiko pruritus ani atau iritasi dan membuat gatal.

Secara tradisional, penyakit wasir dikaitkan dengan sembelit kronis, mengejan saat buang air besar, dan duduk jongkok lama. Ketiganya memicu gangguan aliran darah dari dan menuju area rektum. Aliran darah di area tersebut bisa menggenang dan memperbesar pembuluh darah.

Menurut studi ilmiah, pasien dengan penyakit wasir cenderung memiliki saluran anus yang lebih kencang dari rata-rata bahkan ketika tidak mengejan. Sembelit memperburuk masalah dan ketika mengejan saat buang air besar mendorong wasir melawan otot sfingter. Akhirnya, jaringan ikat yang menopang dan menahan wasir pada tempatnya melemah sehingga menyebabkan prolaps serta wasir menonjol.

Wasir eksternal umumnya terlihat jelas sehingga diagnosa dilakukan cukup dengan pemeriksaan fisik serta riwayat medis.

Cara mengatasi wasir

Supaya tidak semakin parah, disarankan menjalankan pola hidup sehat seperti banyak makanan berserat, cukup minum air mineral, olahraga aerobik sedang atau jalan cepat 20-30 menit setiap hari, dan mengurangi tekanan pada wasir.

Pengobatan di rumah tidak menghilangkan wasir, meski meredakan dan mencegah muncul rasa sakit bisa dilakukan dengan menjalani pola hidup sehat.

Artikel ini telah tayang dengan judul Apakah Wasir Bisa Sembuh Sendiri? Ketahui Penyebab dan Caranya Mengatasi.

Selain informaasi soal penyebab wasir dan cara mengatasinya, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!