Kenali 5 Kandungan Nutrisi Buah Anggur yang Bermanfaat untuk Kesehatan
Ilustrasi buah anggur (Pexels/Kai-Chieh Chan)

Bagikan:

DENPASAR – Anggur merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Anggur dikenal sebagai superfood karena di dalamnya terkandung banyak nutrisi yang berguna untuk tubuh.

Dikutip VOI BALI dari Medical News Today, Selasa, 21 Desember, buah anggur dibudidayakan pertama kali sejak 8.000 tahun yang lalu. Saat ini terdapat 72 ton anggur ditanam setia tahun dan menghasilkan 7,2 triliun galon anggur untuk diproduksi.

Di dalam buah anggur, terdapat nutrisi yang membantu menjaga kesehatan. Bahkan kandungan tersebut menurut studi mampu mencegah kanker, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga konstipasi.

Berikut kandungan nutrisi dalam buah anggur yang bisa menjaga kesehatan Anda:

  1. Resveratrol

Anggur merah, khususnya, mengandung resveratrol yang merupakan senyawa penurun risiko penyakit jantung, diabetes, kanker, dan obesitas. Resveratrol juga disebut sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang berdasarkan studi berkonstibusi memperlambat pertumbuhan tumor getah bening, hati, perut, payudara, usus besar, kanker kulit, dan leukemia.

Selain bermanfaat sebagai anti kanker, resveratrol juga dapat mengurangi risiko aterosklerosis dan melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Resveratrol menurut beberapa penelitian juga menunjukkan manfaat untuk melindungi terhadap neuropati diabetik yang memengaruhi fungsi saraf. Senyawa dalam buah anggur merah memiliki efek neuroprotektif sehingga melindungi terhadap retinopati dan neuropati diabetik.

  1. Serat dan potasium

Buah anggur mengandung serat dan potasium dimana keduanya mendukung kesehatan jantung. Menurut The American Heart Association, bagi seseorang dengan penyakit jantung direkomendasikan untuk meningkatkan asupan kalium dan mengurangi konsumsi garam atau natrium. Selain itu, mengonsumsi anggur bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Potasium dalam anggur juga membantu mengurangi efek negatif dari terlalu banyak konsumsi makanan bergaram. Bagi orang dengan tekanan darah tinggi, anggur efektif membantu menurunkan tekanan darah. Serat juga penting untuk menjaga sistem kardiovaskular yang sehat.

  1. Kadar gula relatif tinggi

Karena kadar gula dalam buah anggur relatif tinggi, maka disarankan dikonsumsi buah saja atau bukan dalam bentuk jus yang ditambah pemanis. American Diabetes Association menjawab pertanyaan apakah buah anggur aman dikonsumsi penderita diabetes. Buah anggur aman dikonsumsi penderita diabetes selama jumlah karbohidra dihitung sebagai bagian dari rencana makan mereka.

  1. Lutein dan zeaxanthin

Kedua zat, lutein dan zeaxanthin, dalam buah anggur merupakan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan mata. Zat tersebut dianggap menetralkan molekul tidak stabil karena serangan radikal bebas.

Tes laboratorium menunjukkan bahwa senyawa baik dalam anggur melindungi dari berbagai masalah pada mata, termasuk degenerasi makula yang sering dialami ketika usia beranjak senja, glaukoma, dan katarak.

  1. Flavonoid myricetin dan quercetin

Menjaga keseimbangan tubuh dan mencegah terserang penyakit musiman seperti influenza, bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah anggur. Pasalnya, buah anggur mengandung flavonoid myricetin dan quercetin yang membantu tubuh melawan serangan radikal bebas.

Kandungan bermanfaat buah anggur ada pada kulitnya. Artinya disarankan ketika mengonsumsi, mencucinya hingga bersih dan makan beserta kulitnya untuk mendapatkan manfaat optimal.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Kandungan dalam Buah Anggur yang Menyehatkan.

Selain informasi soal kandungan nutrisi dalam buah anggur, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!