Kenali 4 Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil
Ilustrasi buah manggis. (Pexels).

Bagikan:

DENPASAR – Setiap ibu hamil wajib menjaga asupan nutrisi agar janin yang dikandungnya dapat berkembang optimal. Soal asupan nutrisi, ada buah yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil, yaitu buah manggis.

Kandungan nutrisi yang kaya dalam buah manggis membuat buah ini baik untuk di konsumsi oleh ibu hamil. Seperti serat, karbohidrat, asam folat, vitamin C, antioksidan, antibakteri, dan antivirus.

Melansir dari laman Alodokter, Selasa, 17 Agustus, berikut ini 4 manfaat dari buah manggis yang wajib ibu hamil ketahui. Disimak ya, Moms!

Meningkatkan imunitas tubuh

Ibu hamil tentunya membutuhkan sistem kekebalan tubuh yang lebih dibandingkan sebelum hamil. Mengingat selama kehamilan, kekebalan tubuh ibu akan bekerja secara ekstra karena harus melindungi dua tubuh.

Oleh karena itu buah bewarna ungu tersebut sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung vitamin C, sifat antioksidan, dan antibakteri yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, serta menjaga tubuh dengan menangkal radikal bebas pemicu infeksi kesehatan.

Mencegah cacat lahir

Sebuah penelitian menyebutkan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dapat mencegah cacat lahir pada janin. Nutrisi yang kaya juga dapat ditemukan pada buah manggis. Salah satunya asam folat yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan janin.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Buah manggis yang kaya akan serat juga baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan salah satunya agar terhindar dari sembelit. Mengingat sembelit kerap kali terjadi pada ibu hamil.

Mengontrol kadar gula dalam darah

Mengingat ibu hamil rentan terkena diabetes yang harus diwaspadai, sebuah penelitian membuktikan serat dan xanthone yang terkandung pada buah manggis ternyata dapat membantu ibu hamil mengontrol kadar gula darahnya. Sehingga ibu hamil dapat menurunkan risiko terkena diabetes gestasional yang kerap menghantui selama masa kehamilan.

Artikel ini telah tayang dengan Manfaat Mengonsumsi Buah Manggis untuk Ibu Hamil.

Selain informasi soal manfaat buah manggis untuk ibu hamil, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!