Kenali 4 Kebiasaan Ibu Hamil yang Berbahaya bagi Janin, Perhatikan karena Sering tidak Disadari
Ilustrasi (Shvets Productions/Pexel)

Bagikan:

DENPASAR – Ibu hamil wajib menjaga kesehatan dan pola hidupnya agar janin yang dikandungnya dapat tumbuh secara optimal.

Tidak hanya menjaga keteraturan hidup, ibu hamil juga sebaiknya mulai menghindari kebiasaan-kebiasaan yang dianggap sepele ini, namun ternyata berdampak buruk bagi calon buah hati. Apa saja? Berikut informasi lengkapnya.

Terlalu sering menggunakan gadget

Memang berat rasanya lepas dari gadget. Tapi, untuk keselamatan janin memang perlu dilakukan. Menurut penelitian di Australia, paparan radiasi dari gadget selama hamil dapat memengaruhi perkembangan otak janin sehingga nantinya ia tumbuh jadi anak hiperaktif. Selain itu, radiasi dari gadget juga dapat mengganggu kerusakan sel sehingga ibu hamil rentan keguguran.

Kurang mendapat sinar matahari

Semasa hamil, ibu perlu memenuhi kebutuhan vitamin D. Cara tepat yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 15 menit. Waktu yang tepat untuk berjemur antara pukul 10.00 pagi hingga 12.00 siang. Vitamin D bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan mata, dan tulang. Kekurangan vitamin D dapat menimbulkan masalah seperti osteoporosis, gangguan sistem saraf, dan jantung ibu hamil.

Penggunaan kosmetik

Sebagian besar bahan kosmetik mengandung merkuri. Jika ibu hamil menggunakan makeup bermerkuri, maka kemungkinan besar dapat menyebabkan keguguran, bayi lahir cacat, hingga kelahiran prematur.

Untuk itu sebisa mungkin hindarilah penggunaan makeup. Jika terpaksa, pilihlah makeup atau perawatan kecantikan alami yang aman bagi ibu dan calon buah hati.

Menggosok perut terlalu keras

Menggosok perut memang harus dilakukan ibu hamil sebagai langkah pertama membangun bonding antara ibu dan anak. Namun, hal ini akan berhasil jika dilakukan dengan gerakan lembut.

Menggosok terlalu kencang dapat menyebabkan janin ikut tertekan dan terbatas ruang geraknya. Bila sering, kondisi ini dapat membuat perfusi darah dari dan ke janin jadi tidak lancar sehingga perkembangan pun kurang optimal.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kebiasaan Sehari-hari Ibu Hamil yang Tanpa Sadar Membahayakan Janin.

Selain informasi soal kebiasaan ibu hamil yang membahayakan janin, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!