Ternyata Konsumsi Kembang Kol Sangat Baik untuk Penderita Diabetes, Ini Alasannya
Kembang kol/ Foto: Antara

Bagikan:

DENPASAR – Kembang kol merupakan salah satu sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan. Kembang kol disebut-sebut sangat direkomendasikan untuk dikonsomsi penderita diabetes. Apa alasannya?

Manfaat kembang kol untuk penderita diabetes

Perlu diketahui, kembang kol memiliki kandungan serat tinggi serta bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, kandungan kalori kembang kol juga rendah sehingga cocok untuk diet.

Kembang kol mempunyai sifat diuretik dan depuratif, berkat jumlah air dan kalium dalam komposisinya. Selain itu sayuran ini juga memiliki kandungan natrium yang rendah.

Dilansir dari laman Tododisca, orang dengan diabetes cenderung mengumpulkan banyak kadar glukosa dalam darah, karena hormon insulin yang kurang berfungsi atau bahkan tidak berproduksi baik. Insulin merupakan zat yang bertanggung jawab untuk mengatur kadar glikemia.

Oleh karena itu penderita diabetes harus mengontrol pola makannya untuk menghindari asupan produk yang secara cepat meningkatkan kadar glukosa darah. Dengan demikian, kembang kol selain menjadi makanan dengan kekuatan antioksidan dan manfaat kesehatan yang besar lainnya, juga cocok untuk menurunkan kadar glukosa darah.

Ketika seseorang memiliki kadar glukosa darah yang terlalu tinggi, itu disebut hiperglikemia, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan hingga kerusakan organ tubuh.

Dalam hal ini, hiperglikemia dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, yang bertanggung jawab untuk mengangkut darah ke organ vital. Jika pembuluh darah rusak, seseorang bisa terkena masalah jantung, ginjal, stroke hingga gangguan pengelihatan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bisa Turunkan Glukosa Darah, Kembang Kol Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes.

Selain informasi soal alasan kembang kol baik dikonsumsi penderita diabetes, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!