Ini 5 Penyebab Daun Tanaman Hias Menguning
Ilustrasi (Flora Westbrook/Pexels)

Bagikan:

DENPASAR – Pekerjaan merawat tanaman bukanlah hal yang mudah. Meski terkadang Anda sudah memberikan yang terbaik untuk tanaman, terkadang, tanaman hias bisa mati atau terkena penyakit, salah satunya daun menguning.

Perlu diketahui, daun tanaman hias menguning disebabkan oleh beberapa kondisi, apa saja?

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut penyebab daun tanaman hias menguning.

Tanaman butuh air lebih

Salah satu alasan daun tanaman menguning adalah karena akar tanaman tidak mendapatkan air yang cukup. Ini bisa terjadi jika Anda menyiram permukaan atas tanah saja. Anda bisa mencoba merendam bagian bawah tanaman dengan merendam bagian bawah tanaman di baskom berair selama 30 menit. Ulangi setiap empat minggu sekali.

Tanaman terlalu banyak disiram

Jika daunnya menguning dan tampak kusam dan jelek, bisa jadi tanaman mendapatkan terlalu banyak air. Akar juga butuh udara, dan saat kita menyiramnya secara berlebihan, akar tanamannya tidak mendapatkan udara yang cukup dan mulai tenggelam dan membusuk. Anda bisa mengatasinya dengan mencolok-colok tanahnya untuk membiarkan udara masuk dan membuatnya bernapas.

Tanaman masih membiasakan diri

Sama seperti Anda saat baru pindah rumah, tanaman juga butuh masa adaptasi dengan lingkungan yang baru. Pastikan saja tanaman mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Anda juga bisa menyemprotnya dengan nutrisi tambahan untuk membantu menghilangkan stresnya.

Tanaman mendapatkan terlalu banyak sinar matahari

Walaupun ada tanaman hias yang bisa berkembang di bawah sinar matahari sepanjang hari setiap hari, tanaman yang lebih senang dengan cahaya yang sedikit hingga medium bisa terbakar saat mendapatkan terlalu banyak cahaya.

Tanaman kurang nutrisi

Sama seperti kita yang membutuhkan vitamin suplemen, tanaman juga membutuhkan nutrisi ekstra selain cahaya dan air. Cari makanan tanaman dengan zat besi. Kekurangan magnesium bisa membuat tanaman menguning.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kenali 5 Alasan Mengapa Daun Tanaman Menguning.

Selain informasi soal penyebab daun tanaman hias menguning, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!