Catat Baik-baik! Ini 5 Jenis Tanaman yang Sebaiknya Dihindari Ditanam di Rumah
Ilustrasi. (Pexels).

Bagikan:

DENPASAR – Kehadiran tanaman memang bisa membuat rumah terlihat asri dan indah. Akan tetapi, ada beberapa jenis tanaman yang sebaiknya dihindari karena berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan manusia. Apa saja?

Agar tidak tertipu dengan wujud cantiknya, mari simak 5 tanaman hias yang tidak boleh Anda tanam di rumah berikut ini, melansir Dekoruma, Minggu, 12 September.

Tanaman Angel’s Trumpet

Tanaman yang juga dikenal sebagai kecubung ini memiliki bunga yang indah. Sayangnya tanaman ini mengandung zat halusinogen, atropin, hiosciamina, dan skopolamin yang termasuk dalam kategori narkotika sehingga beberapa negara melarang jual-beli tanaman ini. Jika zat tadi terhirup, maka korbannya akan mengalami halusinasi, bahkan hilang kesadaran. Jangan menanamnya di rumah, apalagi jika Anda memiliki anak kecil.

Tanaman Bunga Jepun

Masih seputar bunga, tanaman berbahaya berikutnya yang perlu dihindari adalah bunga Nerium oleander atau bunga Jepun. Bunganya cantik dan tidak perlu menunggu lama untuk melihatnya mekar. Tapi, bunga yang satu ini memiliki racun oleandrin dan neriine yang mampu mengganggu sistem saraf, sistem pencernaan, dan sistem peredaran darah. Efek samping yang dirasakan tergantung dari kondisi tubuh penderita.

Paling parahnya, satu penderita bisa menderita ketiga efek samping tersebut sekaligus. Gejala yang akan dialami korban dari tanaman Nerium oleander ini adalah mual, muntah, detak jantung tidak teratur, sakit kepala, hingga koma.

Tanaman Jarak

Daun jarak sudah lama dikenal ampuh mengobati ragam penyakit seperti perut kembung, sulit BAB, kulit terluka, rematik, dan masih banyak lagi. Sayangnya bagian biji tanaman jarak ini mengandung racun berbahaya.

Biji jarak jenis kepyar mengandung racun bernama ricin, sedangkan biji jarak jenis daun jarak pagar mengandung racun bernama curcin. Kedua racun ini tergolong dalam kategori toksalbumin yang mampu menggumpalkan sel darah merah serta menyebabkan pendarahan pada saluran cerna. Biji tanaman jarak juga mengandung asam galat yang bisa membuat iritasi lambung dan gagal ginjal.

Bunga Lili

Sebagai salah satu tanaman bunga di daerah tropis, bunga Lili sering dijadikan buket bunga atau penghias ruangan karena tampilannya yang cantik. Tanaman hias yang satu ini sebenarnya tidak berbahaya bagi manusia, namun bisa berakibat fatal jika Anda memelihara kucing. Bunga lili dengan jenis hemerocallis bisa membuat kucing yang menjilat daunnya mengalami gagal ginjal, bahkan kematian.

Tanaman Gympie-gympie

Tanaman berikutnya yang tidak boleh Anda tanam di taman rumah adalah gympie-gympie yang banyak ditemukan di daratan Maluku. Jika racun tanaman berbahaya lain bereaksi ketika tertelan atau terhirup, maka gympie-gympie ini bisa menyebarkan racun hanya dengan sentuhan.

Seluruh bagian tanaman ini ditutupi oleh bulu-bulu halus. Bulu-bulu inilah yang memiliki racun. Jika tidak sengaja menyentuhnya, korban akan mengalami gatal-gatal parah bahkan bisa menyebabkan mimisan. Tidak hanya manusia yang jadi korbannya, tapi binatang juga, lho.

Artikel ini telah tayang dengan judul Elok Tapi Mematikan, Ini 5 Tanaman yang Sebaiknya Tidak Anda Tanam di Rumah.

Selain informasi soal jenis tanaman yang sebaiknya dihindari ditanam di rumah, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!