Rekomendasi 5 Jenis Tanaman Bunga yang Mengeluarkan Aroma Wangi
Ilustrasi bunga peony, tanaman yang wangi (Unsplash/Jaroslava Petrasova)

Bagikan:

DENPASAR – Tanaman bunga yang mengeluarkan aroma wangi bisa membuat rumah harum semerbak.

Dikutip dari CountryLiving, Sabtu, 26 Februari, taman tidak hanya tentang penglihatan. Menurut Boyce Tankersley, direktur dokumentasi tanaman hidup di Chicago Botanic Garden, aroma bisa menambah kekayaan lanskap.

Anda tak perlu memiliki lahan luas untuk memperkaya pengalaman bertaman, tetapi yang pasti perlu mempertimbangkan tanaman apa saja yang bisa memendarkan pengalaman menyeluruh ketika duduk-duduk di sekitar rumah.

Berikut rekomendasi jenis tanaman bunga yang bisa memendarkan aroma wangi sekitar taman di rumah Anda.

1. Tanaman Bunga Magnolia

Tumbuhan dengan daun hijau tua dan berbunga putih ini merupakan salah satu tanaman yang memendarkan aroma sedap. Bunga yang manis akan mekar sepanjang musim, tergantung pada varietasnya.

Tanaman bunga magnolia bisa ditanam di tempat yang terpapar sinar matahari penuh. Namun pastikan mereka memiliki ruang untuk berkembang.

2. Tanaman Bunga Gardenia

Tanaman ini tak hanya wangi, tetapi juga membantu mengusir nyamuk. Semak-semak harum bisa berpendar sekitar musim semi hingga awal musim panas. Kemudian ia bisa mekar lagi di akhir musim panas hingga awal musim gugur.

Gardenia hidup subur jika ditanam di tanah yang lembab. Namun pastikan tanah tidak selalu basah karena bisa membuat akarnya membusuk.

3. Tanaman Bunga Mawar

Tankersley mengatakan, setiap taman setidaknya harus memiliki satu jenis mawar. Pasalnya, tanaman bunga cantik ini tidak rewel dan tahan serangan penyakit serta serangga. Pesan Tankersley, baca label bibitnya untuk memastikan bahwa tanaman tersebut beraroma. Kemudian bisa dibiakkan setelah mekar di tempat yang terkena matahari penuh.

4. Tanaman Bunga Peony

Tanaman hias peony suka sinar matahari penuh, ucap Tankersley. Jikapun dihinggapi semut, mereka bukan hama. Serangga ini hanya menghidup nektar saja. Saran Tankersley, jangan tanam terlalu dalam atau mereka tidak akan berbunga.

5. Tanaman Bunga Alyssum

Dalam satu tangkai, tanaman alyssum dengan nama ilmiah Lobularia maritima, akan berbunga lebih dari satu. Bunga kecil tahunan ini bisa ditanam di pot kotak. Diletakkan di keranjang gantung atau di tanah tak mengurangi kecantikan bunganya. Menyenangkannya lagi, bunganya memendarkan aroma yang manis.

Jenis tanaman berbunga di atas, yang mana paling Anda sukai dan inginkan ditanam di rumah? Pastikan merawatnya secara tepat ya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bikin Area Sekitar Taman Wangi, Ini 5 Jenis Tanaman yang Mengeluarkan Aroma.

Selain informasi soal tanaman bunga yang mengeluarkan aroma wangi, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.