Benarkah Berhubungan Seks Bisa Membakar Kalori? Begini Penjelasannya Menurut Studi
Ilustrasi. (Unsplash).

Bagikan:

DENPSAR – Salah satu cara terbaik untuk membakar kalori adalah dengan olahraga secara teratur. Pembakaran kalori berperan penting untuk membantu kamu mencapai berat badan ideal. Dengan kata lain, jumlah kalori yang keluar dari tubuh harus lebih besar dibandingkan dengan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Namun, menurut informasi yang beredar ada satu cara lainnya yang bisa membantu membakar kalori yaitu dengan dengan berhubungan seks.

Lantas, benarkah berhubungan seks bisa membakar kalori?

Perlu diketahui, cara terbaik untuk membakar kalori adalah dengan rutin berolahraga. Melansir Kompas, Sabtu, 14 Agustus, sebuah studi yang dilakukan oleh tim dari University of Montreal menemukan bahwa berlari jauh lebih efektif membakar kalori dibandingkan dengan berhubungan seks. Wanita membakar rata-rata 213 kalori selama 30 menit lari ringan, sementara pria membakar 276 untuk waktu dan olahraga yang sama. Sedangkan saat berhubungan seks, pria membakar sekitar 101 kalori dan wanita membakar sekitar 69 kalori.

Para peneliti memperkirakan bahwa pria membakar sekitar 4,2 kalori per menit saat berhubungan seks, sementara wanita membakar 3,1 kalori per menit. Namun sebaliknya, penelitian lain pada tahun 2013 menyimpulkan bahwa berhubungan seks sama sekali tidak efektif membakar kalori.

Perlu diingat ya, jangan hanya mengandalkan hubungan intim untuk membakar kalori. Menurut National Health Service, berhubungan seks tidak bisa disamakan dengan latihan olahraga ringan. Artinya, jangan mengandalkan hubungan seksual untuk membakar kalori tubuh. Studi lainnya yang dipublikasikan dalam The New England Journal of Medicine mengatakan bahwa jumlah kalori yang dikeluarkan selama berhubungan intim tidak bisa disamakan dengan jumlah kalori yang dikeluarkan selama berolahraga.

Oleh karena itu, tidak seharusnya hubungan seksual dapat menggantikan olahraga untuk membakar kalori dan mendapatkan berat badan ideal serta tubuh yang sehat. Seharusnya, olahraga dan hubungan intim harus tetap berjalan dengan seimbang. Lakukan kombinasi dari keduanya untuk mendapatkan manfaat baik bagi tubuh.

Artikel ini telah tayang dengan judul Apakah Berhubungan Seks Secara Rutin Bisa Membakar Kalori?

Selain informasi soal berhubungan seks bisa membakar kalori, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!