Benarkah Buang Air Kecil Setelah Hubungan Seks Bikin Wanita Susah Hamil?
Ilustrasi, (Unsplash)

Bagikan:

DENPASAR – Sebagian besar wanita pasti pernah mendengar rumor bahwa buang air kecil setelah berhubungan seks dengan pasangan dapat mencegah terjadinya kehamilan.

Klaim ini didasari oleh anggapan bahwa sperma akan keluar dari vagina bersama air kencing.

Lantas, benarkah buang air kecil setelah bercinta bisa mencegah kehamilan?

Jawabannya tentu saja tidak. Kendati wanita langsung pergi ke kamar mandi beberapa detik setelah sperma masuk ke dalam vagina, buang air kecil setelah hubungan badan sama sekali tidak mengganggu program kehamilan yang sedang Anda dan pasangan jalankan.

Saat penetrasi terjadi, ejakulasi dilepaskan ke dalam saluran vagina. Sedangkan, urin dilepaskan dari uretra. Keduanya merupakan hal yang berbeda dan terpisah. Untuk itu, buang air kecil sebenarnya tidak memengaruhi kehamilan karena tidak mengeluarkan apapun dari vagina.

Justru, buang air kecil setelah berhubungan seks bisa membantu menghilangkan bakteri yang muncul saat berhubungan intim, yang berasal dari berbagai sumber seperti tangan, kondom, penis, alat bantu seks, dan lainnya. Oleh karena itu, buang air kecil dapat membantu mendorong bakteri-bakteri keluar dari saluran kencing.

Meski buang air kecil baik untuk membersihkan bakteri, Anda tidak perlu terburu-buru langsung ke toilet setelah penetrasi untuk buang air kecil. Para ahli mengatakan, waktu ideal untuk buang air kecil setelah bercinta yaitu 30 menit. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan manfaat pencegahan infeksi saluran kemih. Jika Anda belum juga merasakan ingin buang air kecil, perbanyaklah minum air putih setelah bercinta.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul Buang Air Kecil setelah Bercinta Jadi Penyebab Susah Hamil, Benarkah?

Selain informasi soal benarkah buang air kecil setelah berhubungan seks dapat mencegah kehamilan? simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan