Cara Menenangkan Anak saat Mengalami Mimpi Buruk
Ilustrasi. (Pexels).

Bagikan:

DENPASAR – Mimpi buruk seringkali membuat anak sulit untuk tidur kembali. Para orang tua harus mencari cara yang tepat agar si kecil dapat kembali tidur dengan pulas.

Mimpi buruk yang dialami anak kemungkinan berkaitan dengan aktivitas yang dilakukan sebelumnya.

Dikuti dari The Asian Parents, Minggu, 8 Agustus, penyebab mimpi buruk pada anak yang paling mengkhawatirkan adalah pengalaman traumatis dan aktivitas seharian yang melelahkan. Mimpi juga dialami ketika anak dalam keadaan pulas tidur atau disebut dengan Rapid Eye Movement (REM).

Untuk menenangkan dan membuatnya kembali tidur saat terbangun karena mimpi buruk, orang tua bisa melakukan cara berikut ini.

Memvalidasi rasa takut yang dialami anak

Cara pertama, perasaan takut anak tidak boleh diabaikan. Orang tua bisa menanyakan tentang apa yang ada dalam mimpinya dan membuatnya takut. Dengan memvalidasi hal yang membuat anak ketakutan, ia akan merasa terlindungi dan dihargai.

Minta anak bercerita

Bercerita merupakan satu cara untuk menghilangkan rasa takut. Maka tanyakan pada buah hati, apa dan bagaimana kejadian dalam mimpinya yang membuat takut. Bagaimana pun akhir dari cerita mimpinya, orang tua perlu membesarkan hatinya.

Ciptakan suasana aman

Jika setelah bercerita anak masih merasa gelisah dan sulit tidur kembali, Anda bisa memberikan selimut yang nyaman. Beri segelas air putih hangat dan menemaninya kembali tertidur.

Buat ‘mantra’ pengusir mimpi buruk

Baik dengan berdoa atau dengan membuat ‘mantra’ merupakan satu cara untuk menghilangkan rasa takutnya. Meski sementara waktu, buat anak mengalihkan mimpi buruknya dengan sesuatu yang dipercaya dapat mengusir hal-hal menakutkan.

Berikan sesuatu yang menyenangkan hatinya

Supaya anak kembali happy, Anda bisa menjanjikan sesuatu yang membuat hatinya senang. Misalnya, besok akan melakukan aktivitas favoritnya, makan makanan kesukaannya, atau menonton tayangan yang paling disukainya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Anak Terbangun ketika Mengalami Mimpi Buruk, Lakukan 5 Cara Ini untuk Menenangkan.

Selain informasi soal cara menenangkan anak saat mengalami mimpi buruk, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!