Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan
Buah naga/ilustrasi. (Freepik).

Bagikan:

 

DENPASAR – Belakangan ini, buah naga semakin populer di kalangan masyarakat. Pasalnya, buah dengan kulit menyerupai sisik naga ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Diketahui, buah naga memiliki beberapa varian. Namun varietas Hylocerus undatus (daging putih) dan Hylocereus polyrhizuz (daging merah) adalah yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia.

Manfaat buah naga untuk kesehatan

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut sederet manfaat buah naga untuk kesehatan.

1.  Sumber zat besi

Manfaat buah naga yang paling terkenal di kalangan masyarakat adalah sebagai sumber zat besi.

Dikutip dari WebMD, dalam seratus gram buah naga terdapat 1,9 miligram zat besi. Jumlah ini setara dengan 11 persen dari total kebutuhan zat besi harian orang dewasa.

Zat besi sangat penting untuk pembentukan hemoglobin di dalam darah. Hemoglobin adalah metaloprotein dalam sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh sel-sel yang ada pada tubuh. Kadar hemoglobin yang tercukupi akan menjauhkan seseorang dari penyakit anemia.

Selain itu, zat besi juga mampu menunjang tumbuh kembang dan meningkatkan kecerdasan anak. Oleh sebab itu, jangan ragu jika ingin memberikan buah naga kepada si kecil.

2.  Kaya vitamin C

Kandungan vitamin C dalam buah naga juga tergolong tinggi. pada buah naga berukuran 100 gram, terdapat 21 mg vitamin C atau setara dengan 34 persen kebutuhan vitamin C harian orang dewasa.

Beberapa manfaat vitamin C antara lain, menjaga daya tahan tubuh, menjaga kesehagatan kulit dan menyerap zat besi di saluran cerna.

3.  Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah naga berikutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Buah naga diklaim dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (low-density lipoprotein/LDL) dalam tubuh. Tak hanya itu, buah naga adalah sumber lemak tidak jenuh yang sangat baik.

4.  Mengatasi Diabtes

Selain menjaga kesehatan jantung, buah naga juga disebut dapat membantu kadar gula darah tetap stabil.

Hal tersebut dikarenakan buah naga dapat membantu regenerasi sel pankres yang rusak pada penderita diabetes. Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

5.  Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga menjadikan manfaat buah naga dapat meningkatkan sistem imun alias daya tahan tubuh.

Di tengah pandemi COVID-19, penting untuk meningkatkan imunitas supaya tidak tertular virus corona SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi buah naga secara rutin.