5 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan: Redakan Hidung Tersumbat hingga Jauhkan Serangga
Ilustrasi minyak kayu putih. (Unsplash).

Bagikan:

DENPASAR – Minyak kayu putih adalah hasil dari pengumpulan uap ranting dan daun segar pohon kayu putih (Melaleuca leucadendra). Ada banyak sekali manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan karena mengandung sejumlah bahan kimia yang bermanfaat bagi tubuh.

Adapun bahan kimia yang terkandung dalam minyak kayu putih antara lain cineole, linalool, dan terpineol. Bahan kimia tersebut bertanggung jawab memberikan sensasi hangat saat minyak dioleskan pada kulit.

Manfaat kayu putih untuk kesehatan

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan:

1. Meredakan hidung tersumbat

Minyak kayu putih mengandung senyawa bersifat dekongestan yang bisa membantu melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat. Kalau tenggorokan dan hidung mulai terasa tidak nyaman, Anda bisa menghirup aroma minyak kayu putih atau mengoleskannya di leher.

2. Meredakan gejala flu

Batuk, pilek, hidung mampet, dan sakit kepala juga bisa diatasi dengan minyak kayu putih. Anda bisa mengoleskan di leher, dada, punggung, atau mencampurkan beberapa tetes ke air panas lalu uapnya dihirup sampai pernapasan lebih lega.

3. Mengatasi nyeri sendi

Minyak kayu putih bisa digunakan untuk meringankan nyeri sendi, termasuk cedera, nyeri otot, dan sakit punggung. Minyak kayu putih bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan di tubuh. Faktanya, banyak juga krim dan salep yang dijual bebas memiliki kandungan minyak esensial kayu putih di dalamnya.

4. Mengatasi masalah bau mulut

Ternyata minyak kayu putih memiliki kandungan antibakteri yang ampuh mengatasi persoalan bau mulut. Biasanya bau mulut disebabkan oleh kuman dan bakteri. Anda bisa mencari produk pasta gigi atau obat kumur yang mengandung ekstrak kayu putih untuk mengatasi bau mulut, kerusakan gusi, dan plak gigi.

5. Menjauhkan serangga

Anda tipe orang yang merasa sering diganggu serangga? Tidak hanya menyebabkan gatal dan bentol, gigitan serangga juga bisa berbahaya untuk kesehatan, misalnya bisa menyebabkan malaria dan demam berdarah. Untuk menghindari gigitan serangga, Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih ke bagian tubuh yang terbuka, misalnya tangan dan kaki saat bepergian keluar rumah.

Artikel ini telah tayag di VOI dengan judul 5 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan.

 

Selain informasi soal manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!