Catat! Ini Cara Mudah Mengatasi Anosmia Saat Terpapar COVID-19
Ilustrasi. (Pexels/Ion Ceban).

Bagikan:

DENPASAR – Penyebaran virus corona SARS-CoV-2 penyabab penyakit COVID-19 di Tanah Air saat ini semakin luas. Tidak hanya orang dewasa, kini Corona pun mengancam anak-anak. Banyak dari pasien positif Covid mengeluhkan gejala seperti kehilangan indra penciuman atau anosmia.

Anosmia bisa diatasi secara medis dengan bantuan obat antibiotik. Namun, kehilangan indra penciuman juga dapat diobati dengan menggunakan bahan-bahan alami. Melansir Babe, Minggu, 18 Juli, berikut cara alami untuk mengembalikan indra penciuman.

Minyak esensial

Minyak esensial tidak hanya digunakan untuk mengatasi pegal-pegal atau memperbaiki suasana hati, tapi bisa juga dimanfaatkan untuk mengembalikan penciuman. Pasien covid biasanya disarankan untuk terapi menghilangkan anosmia dengan cara mencium empat minyak esensial berbeda selama 20-40 detik.

Bawang putih

Bawang putih sudah terkenal akan khasiatnya dalam menjaga imunitas tubuh. Dalam kitab ayurveda disebutkan bahwa konsumsi bawang putih dapat meredakan pembengkakan di sekitar saluran hidung. Jika pembengkakan bisa teratasi, maka indra penciuman pun dapat pulih kembali. Anda bisa coba menyesap ramuan bawang putih yang telah dihancurkan dan diberi air.

Minyak jarak

Mengandung antioksidan dan anti-inflamasi, minyak jarak biasa digunakan juga untuk meringankan gejala sinusitis, alergi, meredakan gejala batuk, pilek, dan mengembalikan indra penciuman. Cukup teteskan 2-3 tetes minyak jarak ke saputangan lalu coba hirup secara rutin.

Bumbu cabai merah dan cabai rawit

Cabai rawit atau bubuk cabai dapat membantu mengembalikan indra penciuman Anda yang hilang. Meskipun ini bukan obat yang didukung oleh ilmu pengetahuan, manfaatnya terletak pada bahan kuat yang ada dalam rempah-rempah-capsaicin, yang dikatakan efektif "membersihkan" hidung tersumbat, mengaktifkan indra dan meningkatkan fungsi indra penciuman. Ini juga sangat membantu dalam membasmi flu. Pastikan Anda mencampurnya dengan secangkir air atau menambahkan bahan pemanis seperti madu sebelum mengonsumsinya.

Jeruk

Alternatif lain untuk menyembuhkan anosmia yaitu dengan mengendus jeruk yang dibakar atau memakan daging buah jeruk. Kandungan vitamin C, antioksidan, dan sifat anti-mikroba yang kuat dalam jeruk sangat penting dalam mengobati infeksi yang menyebabkan timbunan lendir berlebihan di saluran hidung yang diikuti dengan hidung berair yang tersumbat.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tips Mudah Mengatasi Anosmia Saat Tertular COVID-19.

Selain informasi soal cara mengatasi anosmia saat terpapar COVID-19, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!