Efektifitas Diet vs Olahraga: Mana yang Lebih Cepat Turunkan Berat Badan?
Ilustrasi. (Freepik).

Bagikan:

 

DENPASAR – Mempunyai berat badan ideal merupakan impian banyak orang. Pasalnya dengan memiliki tubuh yang ideal, orang tersebut dianggap sehat.

Karenanya, tak heran jika banyak orang yang mengalami obesitas, melakukan segala cara untuk menurunkan berat badannya. Mulai dari diet hingga olahraga secara teratur.

Lantas, mana yang lebih efektif turunkan berat badan, diet atau olahraga?

Mengutip lama Healthline, Minggu, 23 Mei, diet dan olahraga sama pentingnya untuk menurunkan berat badan.

Tetapi kalau untuk menurunkan berat badan, mengurangi makan alias diet tampaknya lebih mudah dilakukan dibandingkan olahraga. Untuk lebih jelasnya, berikut perbandingan kalori yang hilang antara seseorang yang rutin melakukan olahraga dengan orang yang mampu mengontrol pola makan.

Misalnya, jika Anda rajin berolahraga selama satu jam saja, Anda baru membakar sekitar 300 kalori. Nilai tersebut setara dengan kalori pada 1 potong dada ayam goreng. Nah, jika Anda ingin memangkas kalori namun tidak sempat berolahraga, sebaiknya cobalah mengubah pola makan dengan merebus ayam tersebut di mana kalorinya hanya 50 kalori saja.

Memang, olahraga akan mempercepat metabolisme tubuh seseorang. Sebaliknya bila mereka yang berdiet metabolisme tubuh jadi lambat.

Jadi karena itulah keduanya harus saling menyeimbangkan. Diet perlu, olahraga pun perlu. Tapi olahraga tanpa mengatur pola makan ya sama saja. Karena kalau diet saja memang turun signifikan, tapi paling tahan hanya 3 bulan.

Karena diet yang sering dilakukan justru makan sedikit sehingga di akhir mudah lapar. Padahal, harusnya saat diet justru makanlah sekenyangnya tapi carilah yang kalorinya kecil. Apa saja makanan yang bikin melar, segala yang mengandung gula, tepung, dan minyak mesti dihindari.

Itu sebabnya bila Anda memang ingin diet, pilihlah yang paling cocok tak hanya dengan diri sendiri tapi lingkungan juga. Pasalnya, lingkungan jadi salah satu faktor pendukung keberhasilan diet.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul Diet vs Olahraga, Mana yang Lebih Cepat Turunkan Berat Badan?

 

Selain informasi soal efektivitas diet vs olahraga untuk menurunkan berat badan, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!