Alasan Penting Mengapa Kita Perlu Mengonsumsi Vitamin C Secara Berkala
Ilustrasi. (Pixabay).

Bagikan:

DENPASAR – Vitamin C adalah suplemen penting untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap kuat. Di tengah pandemi COVID-19, asupan vitamin C sangat diperlukan oleh tubuh.

Pasalnya, vitamin C dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, dan merupakan salah satu komponen utama dalam membangun kolagen tubuh yang bertanggung jawab pada semua struktur jaringan ikat di tubuh. Tak hanya itu, vitamin C juga berperan untuk memelihara jaringan penghubung tulang.

Vitamin C memiliki sifat larut dalam air dan tidak disimpan tubuh, oleh sebab itu, vitamin C dalam makanan sehat seperti sayur dan buah harus dikonsumsi secara berkala.

Di sisi lain, mengonsumsi vitamin C dalam jumlah berlebih hanya akan dikeluarkan melalui air seni. Itulah mengapa asupan harus dilakan secara berkala setiap hari.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Indonesia Sport Nutritionist AAssociation (ISNA) Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes.

"Sumber vitamin C dibagi untuk pagi, siang dan malam agar terdistribusikan dengan baik. Tidak bisa makan vitamin C sekali dalam seminggu dirapel," kata Rita dalam webinar kesehatan, dikutip VOI dari Antara, Sabtu, 8 Mei 2021.

Vitamin C penjaga imunitas

Nutrisionis ini mengatakan vitamin C bersama dengan zat besi, zink dan vitamin A merupakan "penjaga" sistem imunitas yang berfungsi menjaga tubuh tetap kuat, terutama di tengah pandemi COVID-19. Tanpa para "penjaga", sel imunitas takkan berfungsi secara maksimal.

Angka rata-rata kebutuhan vitamin C per hari adalah 90 miligram. Vitamin C dosis tinggi sebetulnya diperbolehkan, asal tidak melebihi perhitungan dari 1,5 gram vitamin C per kilo gram berat badan individu.

Menurut sebuah penelitian, ketersediaan vitamin C yang cukup di tubuh akan menurunkan tingkat keparahan penyakit yang berhubungan dengan pernafasan. Vitamin C juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi pada tubuh sehingga membantu pertumbuhan tulang dan kerja otak.

Di tengah paparan patogen, virus, bakteri hingga radikal bebas, tubuh setiap saat mendapatkan serangan dari benda asing. Belum lagi tekanan-tekanan psikologis dari aktivitas padat dan jiwa yang tak lapang akibat perubahan gaya hidup akibat pandemi. Para "penjaga" imunitas seperti vitamin C harus terus dikonsumsi agar imunitas tubuh tetap terjaga sehingga tubuh tidak jatuh sakit.

Selain informasi soal alasan vitamin C harus dikonsumsi secara berkala, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!