Ariel NOAH Apresiasi Kebijakan Kekayaan Intelektual Berupa Lagu Bisa Dijadikan Jaminan Utang ke Bank
Ariel Noah (Foto: ANTARA)

Bagikan:

DENPASAR - Vokalis grub band NOAH, Nazril Ilham alias Ariel mengapresiasi kebijakan pemerintah yang membuat kekayaan intelektual seperti lagu bisa dijadikan sebagai jaminan utang ke bank. 

"Kalau lagu yang sudah dipatenkan memang ada value dan mungkin tergantung dari value seberapa besar. Kalau bisa dijadikan jaminan saya senang, sebagai musisi saya senang karena karya (musik) akhirnya punya value di mata hukum," kata kata Ariel NOAH, Kamis, 21 Juli 2022, dikutip VOI dari Antara

Mudahkan pelak ekraf dapatkan sumber pembiayaan 

Pemerintah telah mengesahkan PP No. 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif yang diharapkan dapat mendorong industri kreatif dalam penyediaan dana atau pinjaman antara lembaga keuangan bank dengan pihak pelaku ekonomi kreatif tersebut.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 diterbitkan untuk memudahkan pelaku ekonomi kreatif (ekraf) mendapatkan sumber pembiayaan dari lembaga keuangan bank atau lembaga keuangan non-bank.

Hal ini memungkinkan produk kekayaan intelektual seperti lagu, lukisan, film, bahkan seni pertunjukan dapat dijadikan sebagai jaminan utang ke bank.

Sebelumnya, musikus, produser rekaman dan politikus Anang Hermansyah mengapresiasi pengesahan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang dinilainya dapat mendorong pembangunan sumber daya manusia karena berfokus pada karya intelektual.

Anang menuturkan, pengesahan PP itu menunjukkan bahwa perhatian pemerintah tidak hanya berfokus pada kekayaan alam, tetapi juga kekayaan intelektual seperti lagu, lukisan, film, bahkan seni pertunjukkan yang nantinya dapat dijadikan sebagai jaminan untuk pinjaman uang ke bank.

Sementara musikus sekaligus Sekjen Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Dwiki Dharmawan berpendapat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 memerlukan valuator atau pihak penilai karya terkait implementasi regulasi itu di kemudian hari.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ariel NOAH Senang Bisa Utang Uang di Bank dengan Jaminan Lagu

Selain informasi soal Ariel NOAH apresiasi kebijakan kekayaan intelektual berupa lagu bisa jadi jaminan utang ke bank, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.