Inilah 6 Tanaman Pengusir Serangga yang Bisa Ditanam Sendiri di Rumah
Ilustrasi tanaman pengusir serangga. (Karolina Grabowska-Pexels)

Bagikan:

DENPASAR - Cara mencegah serangga masuk ke dalam di dalam rumah bisa dilakukan dengan menanam tanaman yang mengeluarkan aroma kuat. 

Dikutip VOI dari House Beautiful, berikut jenis tanaman pengusir serangga dengan bau menyengat yang dapat dapat ditanam sendiri di rumah. 

1. Kemangi

Jika Anda ingin mengusir lalat dan nyamuk yang mengganggu di dalam rumah, coba letakkan satu pot kemangi di dalam rumah. Tanaman ini telah digunakan untuk menghilangkan hama sejak zaman dahulu karena aroma yang kuat. Sebagai bonus, kemangi juga bisa digunakan untuk menghias makanan jadi lebih cantik.

2. Lavender

Lavender adalah pilihan tanaman yang baik untuk mengusir serangga. Aromanya ampuh untuk mengusir lalat, kumbang, bahkan kutu. Selain fungsinya, bunga lavender juga punya rupa yang cantik sehingga cocok dijadikan hiasan meja. Selain itu, aroma lavender dapat menenangkan jika dihirup manusia sehingga membantu tidur lebih pulas.

3. Rosemary

Rosemary kerap digunakan untuk menambah aroma masakan. Padahal, tanaman satu ini juga berfungsi mengusir serangga seperti agas maupun lalat. Anda bisa meletakkan rosemary di dapur atau beberapa bagian rumah yang sering didatangi serangga.

4. Krisan

Bunga krisan dikenal mampu memurnikan udara dalam ruangan dan menghilangkan racun. Minyak yang diproduksi oleh tanaman krisan adalah salah satu penolak serangga alami yang paling kuat

Aromanya yang wangi membuat bunga krisan juga sering ditambahkan ke dalam minuman seperti teh untuk menambah rasa nikmat dan wangi dari minuman.

5. Marigold

Aroma marigold biasa mencegah lalat, agas, nyamuk, dan pengusir hama. Anda tidak perlu membeli semprotan nyamuk jika Anda memiliki pengusir serangga alami ini.

6. Daun mint

Tanaman daun mint memiliki aroma menyengat yang tidak disukai serangga seperti nyamuk, lalat, dan semut. Tanaman ini dapat ditanam di dalam pot dan diletakkan di sudut rumah atau di dekat jendela.

Selain mengusir serangga, daun mint juga bermanfaat sebagai tanaman obat tradisional di rumah ataupun sebagai bahan tambahan dalam masakan.

Artikel ini telah tayang dengan judul 6 Tanaman yang Punya Fungsi Mengusir Serangga, Apa Saja?

Selain informasi soal tanaman pengusir serangga, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.