Punya Halaman Kosong di Rumah, Bisa Dimanfaatkan Menanam 6 Tanaman Edible Ini
Ilustrasi jenis tanaman edible untuk ditanam di rumah (Unplash/Markus Spiske)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sayang jika halaman di rumah dibiarkan kosong tanpa tanaman tumbuh. Maka Anda bisa menggali ide untuk menciptakan lanskap sederhana dari tumbuhan yang bisa dimakan atau edible.

Tanaman edible rata-rata mudah ditanam. Apalagi di halaman rumah yang terbuka. Ada pula yang tak membutuhkan perawatan khusus, hanya perlu cukup air dan terlindung dari hama. Tertarik untuk mengisi halaman Anda dengan tanaman yang bisa untuk dimakan? Berikut daftar tanaman tersebut.

1. Kacang polong

Manisnya tanaman merambat ini tak hanya bisa dimakan oleh manusia, tetapi juga menarik bagi serangga. Untuk menanam kacang polong, Anda bisa menanam dengan tiang untuk rambatan. Tiangnya bisa dimodifikasi sesuai kontur tanah maupun bersifat dekoratif.

2. Terong

Batang tumbuhan terong berduri dan daunnya berbulu sehingga menimbulkan gatal jika disentuh. Ini juga alasan kenapa hewan mamalia tidak suka mendekati tumbuhan terong. Tanaman ini paling baik ditanam di halaman, karena buahnya bisa dimakan.

Terdapat beberapa jenis tanaman terong yang dikenali dari buahnya. Mulai dari jenis terong berwarna ungu, hijau, hingga hijau berbintik.

jenis tanaman edible untuk ditanam di rumah
Ilustrasi jenis tanaman edible untuk ditanam di rumah (Unplash/Diane Helentjaris)

3. Daun bawang

Anda bisa menanamnya berjajar-jajar di garis pagar. Daun bawang merupakan tanaman edible yang mudah sekali tumbuh dan menyebar. Sedangkan jika tertarik untuk menanam keluarga bawang yang lain, bawang merah dan bawang putih, Anda perlu menyiapkan energi dan waktu lebih untuk merawatan. Tapi Anda selalu bisa menggunakannya di sepanjang pagar untuk perbatasan.

4. Tanaman herbal

Terdapat berbagai macam tanaman herbal, seperti peterseli, kemangi, dan ketumbar yang termasuk sebagai tanaman dua tahunan. Sedangkan herba yang lebih berkayu, seperti sage, oregano, thyme, serai, rosemary, dan lavender juga bisa dijadikan daftar tanaman untuk halaman Anda. Ditambah lagi daun mint yang warnanya menyegarkan mata.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti tanaman kacang panjang mungkin akan memikat serangga dan ulat bulu. Tetapi, jika Anda menanamnya, daun dan buahnya dapat dimanfaatkan untuk menu dapur Anda. Daun kacang panjang yang masih muda, nikmat untuk sayur bobor ataupun sajian bersaus kacang.

6. Sayuran hijau

Sayuran hijau bisa dengan mudah di tanam. Jika Anda membeli sayuran kangkung, bayam, selada, dan sawi, jangan buang bagian akarnya. Pasalnya, bagian tersebut dapat ditanam lagi dan menghasilkan panen yang lumayan untuk satu atau dua porsi makanan.

Dari keenam daftar tanaman edible di atas, mana yang akan Anda tanam di halaman rumah? Selain makanan yang edible, Anda juga bisa menanam tanaman peneduh yang lebih tinggi supaya membangun suasana sejuk.

Terkait