Sama-sama Ganggu Penampilan, Ini Beda Komedo Hitam dan Putih
Ilustrasi (Sam Lion/Pexels)

Bagikan:

DENPASAR - Tahukah Anda jika komedo atau cikal bakal jerawat di kulit wajah, ternyata memiliki dua jenis? Jenis pertama yakni komedo hitam (blakcheads) dan yang kedua adalah komedo putih (whiteheads). 

Seperti namanya, komedo hitam terlihat seperti titik-titik hitam di kulit dan komedo putih terlihat seperti bintik-bintik putih. Meski faktor penyebab keduanya berbeda, namun cara pengobatannya hampir sama.

Dikutip VOI dari Healthline, berikut beda komedo hitam dan komedo putih yang bisa ganggu penampilan. 

Beda Komedo hitam dan putih 

Blackheads sering dikenal sebagai komedo terbuka. Blackheads terbentuk ketika Anda memiliki jerawat. Dalam kasus komedo hitam, komedo ini terdiri dari folikel di bawah kulit Anda dengan lubang yang sangat besar, atau di bagian pori-pori.

Ketika Anda memiliki blackheads, pori-pori besar ini menjadi tersumbat dengan zat yang dikenal sebagai sebum. Reaksi kimia dengan sebum terjadi di bawah kulit Anda. Melanin teroksidasi dan mengubah pori-pori yang tersumbat menjadi warna hitam. Bentuk jerawat ini sering ditemukan di punggung, bahu, dan wajah.

Sementara itu, whiteheads dikenal sebagai komedo tertutup. Folikel di bawah kulit Anda menjadi penuh dengan bakteri dan memiliki lubang yang sangat kecil di bagian atas kulit Anda. Udara tidak bisa masuk ke folikel, sehingga bakteri di dalamnya tidak mengalami reaksi kimia yang sama dengan blackheads sehingga tidak mengubah warna komedo menjadi gelap.

Sama seperti komedo hitam, komedo putih biasanya ditemukan di punggung, bahu, dan juga wajah.

Karena blackheads dan whiteheads disebabkan oleh pori-pori tersumbat, itu artinya pengobatan kedua masalah kulit ini bisa disembuhkan dengan cara yang sama. Cari produk yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Keduanya membantu menghilangkan minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori Anda. 

Selain itu, beberapa penelitian juga menyarankan pengobatan alami yang juga dapat membantu mengurangi jerawat seperti:

  • mengoleskan minyak tea tree pada kulit
  • mengonsumsi bee pollen
  • mengikuti diet rendah glikemik
  • hindari menyentuh wajah sesering mungkin

Anda mungkin tergoda untuk memencet komedo hitam atau komedo putih. Namun, hal ini dapat menyebabkan lebih banyak bakteri di seluruh wajah. Memencet jerawat juga dapat menyebabkan jaringan parut, perubahan warna atau kulit yang merah, iritasi dan nyeri.

Artikel ini telah tayang dengan judul Sering Dianggap Sama, Ini Beda Whiteheads dan Blackheads yang Ganggu Tampilan Wajah

Selain informasi soal beda komedo hitam dan putih, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.