Kenali Perbedaan AHA dan BHA dalam Produk Kecantikan
Ilustrasi kosmetik yang mengandung AHA dan BHA. (Unsplash).

Bagikan:

DENPASAR – Jika Anda kerap memerhatikan bahan-bahan dalam produk skincare, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah AHA dan BHA. Tapi apa Anda tahu apa arti keduanya dan manfaatnya untuk kulit?

Biasanya AHA dan BHA ini ditemukan pada produk perawatan kulit semacam exfoliating toner atau serum yang berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati dan peremajaan kulit. Bisa juga ada dalam produk pelembab, masker, peeling, scrub, dan sabun cuci muka.

Beda AHA dan BHA

Kendati sama-sama digunakan dalam produk exfoliating toner, AHA dan BHA punya fungsi yang berbeda. Apa saja perbedaan keduanya? Berikut informasi lengkapnya.

AHA

AHA adalah kependekan dari alpha hydroxy acid yang merupakan sekelompok asam alami, seperti citric acid, glycolic acid, lactic acid, malic acid, tartaric acid, dan mandelic acid.

Secara umum, AHA ini bagus untuk lapisan kulit luar atau epidermis dan lapisan dalam kulit yang disebut dermis. Biasanya orang menggunakan produk dengan kandungan AHA untuk pengelupasan sel kulit mati.

Kandungan AHA aman bagi Anda yang memiliki kulit jerawat, kulit kering, bahkan kulit yang sudah mulai keriput. Asam ini bisa merangsang produksi kolagen yang bisa memerangi garis halus dan menjadikan kulit lebih kenyal.

Tidak hanya itu, AHA juga bisa membuat warna kulit lebih merata dan merawat kerusakan akibat paparan matahari yang bikin kusam dan bernoda hitam.

Jika Anda menggunakan produk dengan kandungan AHA, pastikan Anda menggunakan sunscreen pada siang hari karena biasanya kulit jadi lebih sensitif terhadap matahari.

Perlu diingat jika tidak semua orang cocok menggunakan AHA karena ada risiko iritasi, gatal, merah-merah, dan rasa terbakar. Penting untuk konsultasi ke dokter atau mencobanya secara perlahan untuk adaptasi.

BHA

BHA atau beta hydroxy acid ini bedanya sama AHA adalah hanya ada satu jenis asam, yaitu asam salisilat. Asam ini bisa larut dalam lemak dan bisa menembus ke dalam pori-pori sehingga hasilnya lebih maksimal.

Pada produk untuk mengatasi jerawat, BHA berfungsi untuk melawan bakteri dan mengobati bekas jerawat sampai hilang. Bahkan, BHA juga bisa dipakai untuk pengobatan kutil lho. Kalau Anda memiliki masalah kulit berkerut, kasar, berminyak, banyak komedo, dan penuh bintik-bintik, bisa coba menggunakan produk yang mengandung BHA. Setelah digunakan, kulit akan terasa lebih halus dan mulus. Bedanya dengan AHA, BHA ini lebih ringan sehingga risiko iritasi kulit lebih rendah.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul Apa Beda AHA dan BHA dalam Produk Perawatan Kulit?

Selain informasi soal beda AHA dan BHA, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!