Kenali 3 Bahan Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dan Cara Penggunaannya
Ilustrasi (Fleur Kaan/Pexels)

Bagikan:

DENPASAR – Cara menghilangkan flek hitam di wajah ternyata bisa dilakukan dengan bahan alami.

Perlu diketahui, Munculnya flek hitam terutama di wajah, diakibatkan meningkatnya produksi melanin setelah terpapar sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV). Biasanya, kelebihan produksi melanin di kulit ini disebut hiperpigmentasi.

Meski penyebab utama kehadiran flek hitam di wajah adalah seringnya terkena sinar matahari, perubahan hormon selama kehamilan juga salah satu faktor timbulnya flek hitam, lho. Dalam pencegahannya, pemakaian produk tabir surya setiap hari dengan SPF 30 atau lebih tinggi begitu dianjurkan bagi wanita ataupun pria.

Selain dianjurkan memakai tabir surya dengan SPF sesuai kebutuhan kulit dan melakukan serangkaian perawatan wajah, Anda juga bisa menghilangkan flek hitam dengan bahan-bahan alami.

Dikutip dari HerWorld, Sabtu, 13 November, berikut tiga bahan alami untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

Putih telur

Tidak hanya sekedar untuk lauk makan sehari- hari, telur mempunyai segudang manfaat bagi kecantikan. Melansir Medical News Today, banyak masyarakat percaya bahwa kandungan protein dalam putih telur ini memiliki efek mengencangkan dan menyerap minyak berlebih dari kulit. Selain itu, putih telur juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat bermanfaat bagi penampilan kulit secara keseluruhan.

Dengan memanfaat putih telur yang mengandung enzim alami, wajah akan cerah secara perlahan jika rutin menggunakan masker berbahan dasar putih telur. Cocok untuk digunakan pada semua jenis kulit, langkah pertama yang harus Anda persiapkan adalah memisahkan putih telur dari kuningnya.

Kemudian campurkan satu sendok makan madu atau yoghurt ke dalam putih telur, aduk perlahan hingga semuanya jadi satu, lalu aplikasikan ke wajah dan diamkan sampai 10 menit. Jika sudah mengering, bilas menggunakan air hangat, ulangi kegiatan ini tiga kali seminggu.

Lidah buaya

Bahan alami paling populer diklaim ampuh menghilangkan flek hitam di wajah selanjutnya adalah lidah buaya. Telah digunakan selama berabad-abad untuk obat kesehatan serta perawatan kulit, tanaman lidah buaya yang berwujud gel bening ini mempunyai berbagai kandungan senyawa aktif, termasuk vitamin, mineral, gula, enzim, salisilat asam, dan asam amino.

Dapat melembapkan dan membantu mengurangi efek jahat dari paparan sinar UV, Anda bisa mencoba masker lidah buaya yang langsung diolah sendiri tanpa bahan pengawet. Untuk DIY masker alami ini, Anda membutuhkan daging lidah buaya yang sudah dikeruk dan dihaluskan serta satu sendok madu asli. Campurkan kedua bahan yang sudah siap, lalu aplikasikan ke wajah, kemudian diamkan selama 10 menit. Tidak perlu air hangat, Anda cukup bilas masker campuran ini dengan air mengalir biasa.

Kunyit

Salah satu rempah-rempah paling ikonis di Indonesia, kunyit, juga dapat membantu Adna dalam menghilangkan flek hitam di wajah secara alami, lho. Pada dasarnya, kunyit mengandung antioksidan dan komponen anti-inflamasi yang bermanfaat untuk membuat wajah cerah dan bercahaya. Disamping itu, keunggulan lain dari kunyit bagi kulit wajah adalah membantu mengurangi jerawat dan bekasnya, serta memperbaiki jaringan parut.

Tidak memerlukan banyak bahan untuk membuat masker dari kunyit, Anda cukup sediakan satu sendok teh yoghurt dan madu sebagai bahan campuran. Pastikan kunyit yang Anda gunakan sudah dalam wujud bubuk, supaya lebih mudah mencampurkan ketiga bahan sampai berubah menjadi pasta.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bahan Alami yang Digunakan Untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah.

Selain informasi soal bahan alami untuk menghilangkan flek hitam di wajah, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!