Supaya tidak Canggung, Begini Tips Lebaran di Rumah Mertua
Ilustrasi. (iStockphoto)

Bagikan:

DENPASAR - Libur lebaran merupakan momen untuk pulang ke kampung halaman ataupun bersilaturahmi ke rumah mertua. Akan tetapi, Ada sebagian orang yang masih merasa canggung saat berkunjung ke rumah mertua. 

Nah, agar Anda tetap merasa nyaman saat berada di rumah mertua, perhatikan tips berikut ini. 

1. Bawakan hampers lebaran 

Buah tangan tentu perlu dibawa ketika ke rumah mertua. Ini dilakukan untuk mengambil hati ketika Anda sekeluarga bersilaturahmi ke rumah keluarga besar. Hampers yang dibawa perlu disesuaikan dengan selera maupun kebiasaan keluarga besar. Misalnya mulai dari makanan favorit, kebutuhan sehari-hari, hingga sajian untuk lebaran.

2. Kenakan pakaian yang santun 

Tips kedua, Anda perlu mempertimbangkan pakaian yang dipakai. Bisa menggunakan pakaian couple bersama pasangan dan buah hati. Tetapi yang paling penting adalah memakai pakaian yang tidak hanya nyaman, tetapi juga santun.

3. Mengucapkan kata dengan tulus

Ketulusan dapat membuat kata-kata menjadi bermakna. Cara ini juga untuk mengambil hatinya dan membuat mertua percaya bahwa Anda dapat diandalkan. Hati-hati untuk mengutarakan kata tertentu yang menyinggung perasaan, karena orang yang lebih tua umumnya ketat dengan aturan sopan santun.

4. Menanyakan kabar sanak keluarga lainnya

Sebelum singgah untuk bersilaturahmi ke rumah mertua, Anda perlu mengetahui daftar sanak keluarga dekat. Dengan begitu, Anda bisa membuat obrolan dengan menanyakan kabar mertua sekaligus saudara-saudara lainnya yang Anda kenali.

5. Membuka obrolan yang menyenangkan

Obrolan yang menyenangkan bagi Anda dan teman-teman Anda tentu akan berbeda dengan obrolan dengan mertua. Dengan menanyakan kabar, Anda bisa membuka obrolan tentang hal yang berkaitan dari respons mertua Anda. Bahkan, Anda bisa bertanya pada pasangan dulu tentang apa yang sedang ditekuni mertua sehingga menjadi topik menarik untuk mengobrol.

6. Lakukan kegiatan seru bersama

Menghabiskan waktu bersama keluarga besar, membutuhkan kegiatan seru bersama. Misalnya dengan mengunjungi keluuarga jauh sekaligus berwisata keluarga. Bisa juga mampir ke tempat-tempat menyenangkan untuk mempererat keakraban.

7. Hindari bersikap berlebihan

Terlalu mengontrol atau terlalu dominan tampaknya membuat keluarga lain merasa tak nyaman. Ini bisa membuat Anda juga merasa tidak menikmati ketika lebaran ke rumah mertua. Untuk membuat sama-sama nyaman, cobalah untuk memahami apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Selain juga menjaga etika supaya tidak dinilai buruk dan berlebihan.

Itulah tips ketika lebaran di rumah mertua, apakah Anda memiliki cara lain supaya tidak canggung serta menikmati silaturahmi bersama keluarga besar?

Artikel ini telah tayang dengan judul 7 Tips Nyaman Menikmati Lebaran di Rumah Mertua

Selain informasi soal tips lebaran di rumah mertua, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.