Wapres Ma’ruf Amin Cek Stok Beras di Gudang Bulog Jelang Ramadan
Wapres Ma'ruf Amin/Foto: Antara

Bagikan:

DENPASAR – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengecek ketersediaan pasokan beras untuk Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri di gudang Perum Bulog Jakarta pada hari ini, Jumat, 11 Maret 2022.

"Hari ini saya alhamdulillah berkunjung ke Bulog untuk memperoleh informasi tentang ketersediaan atau kecukupan pasokan beras," ujar Ma’ruf, dikutip dari Antara.

Wapres mengatakan kunjungan ke pergudangan Perum Bulog dilakukan setelah sebelumnya ia berkunjung ke Kementerian Pertanian untuk memantau stok bahan pangan.

Stok beras untuk Ramadan cukup

Wapres menyampaikan pemerintah mengharapkan ada kecukupan pasokan pangan baik beras maupun non-beras khususnya untuk mengatasi bulan Ramadan dan Idul Fitri.

"Dari laporan Bulog sudah cukup bahkan juga proses-proses untuk memperbaiki mutu yang ada di sini, sehingga nanti tidak ada lagi beras yang jelek tapi menjadi beras yang baik," ujarnya.

Wapres menekankan, dengan cukupnya pasokan beras dan bahan pangan dari sektor pertanian, maka para pengusaha diharapkan tidak melakukan ekspor sepanjang kebutuhan dalam negeri belum tercukupi.

"Supaya mengutamakan dalam negeri termasuk beras, minyak goreng dan sebagainya," kata Wapres.

Wapres juga berharap ada upaya untuk memastikan kelancaran distribusi, agar tidak menimbulkan masalah lain, serta mengharapkan adanya upaya memastikan stabilitas harga dalam jangka pendek, terutama menjelang lebaran.

"Terakhir saya harap penegakan hukumnya, supaya dilakukan penegakan hukum tegas terhadap para spekulan yang menimbun komoditas, sehingga menyebabkan kebutuhan masyarakat menjadi terganggu," tegas Wapres.

Menurut Wapres, penindakan terhadap spekulan harus dilakukan dengan tegas, karena tindakan spekulan akan berpengaruh terhadap kelangkaan barang dan kenaikan harga.

Pada kesempatan itu, Dirut Bulog Budi Waseso menyampaikan bahwa pasokan beras saat ini sudah mencukupi, di mana Bulog sudah memetakan wilayah-wilayah yang akan melakukan panen.

Budi Waseso mengatakan pihaknya berkomitmen untuk mengutamakan kebutuhan dalam negeri.

"Kita selalu kerja sama dengan Kepala Badan Pangan Nasional dengan Mentan, Mendag, Menperin. Intinya yang utama soal pangan untuk nomor satu," jelas Budi.

Budi meminta masyarakat tidak ragu dengan ketersediaan beras dengan harga murah.

Adapun Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menyampaikan bahwa pihaknya terus melakukan kerja sama dengan semua pemangku kepentingan termasuk pihak swasta dan asosiasi.

"Badan Pangan Nasional siap menghadapi Ramadan dan lebaran. Kami bekerja sama dengan semua stakeholder termasuk para swasta, asosiasi. Dan kemarin daging juga sangat cukup, dan sapi hidup siap dimobilisasi dari Jatim ke Jakarta dan Bandung Raya. Beras tadi sudah disampaikan Dirut Bulog, minyak goreng dalam proses, kemarin Mendag juga sudah dinaikkan DMO jadi 30 persen, kita cek terus," jelasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Wapres Datangi Bulog Cek Ketersediaan Beras untuk Ramadan 2022.

Selain informasi soal Wapres Ma’ruf Amin cek stok beras di Bulog, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.