Jenis Tanaman Aglaonema yang Populer di Indonesia, Bisa Jadi Penghias Taman & Ruangan
Ilustrasi (Severin Candrian/Unsplash)

Bagikan:

DENPASAR – Tanaman hias aglaonema alias sri rejeki sangat cocok dijadikan sebagai penghias teras atau taman depan rumah karena memiliki warna yang beragam, ukuran daun yang besar, serta corak tulang daun yang khas.

Selain itu, aglaonema juga mampu bertahan hidup dengan cahaya matahari minim sehingga bisa dijadikan sebagai hiasan dalam ruangan.

Di samping itu, aglaonema juga terbukti mampu menyerap karbondioksia, formaldehyde, dan benzene yang tidak baik untuk kesehatan manusia.

Perlu diketahui, tanaman aglaonema memiliki banyak jenis. Karakteristik yang membedakan jenis aglaonema adalah warna dan bentuk daunnya.

Dikutip dari Epicgarden, Sabtu, 12 Maret, berikut beberapa Jenis tanaman aglaonema yang populer di Tanah Air.

Aglaonema Modestum

Dinobatkan NASA sebagai satu dari sepuluh tanaman pembersih udara terbaik, Aglaonema Modestum memiliki daun hijau dengan corak lurik putih.

Aglaonema Nitidum

Dengan ciri khas daun berwarna hijau tua, aglaonema nitidum mampu bertahan di lingkungan minim cahaya. Tanaman khusus ini cukup populer di lingkungan kantor. Aglaonema ini akan selalu berwarna hijau meski kekurangan cahaya.

Aglaonema Widuri

Jenis aglaonema widuri memiliki bentuk daun oval, panjang, dan meruncing pada bagian ujungnya. Tampilannya jadi lebih langsing dibandingkan jenis aglaonema pada umumnya. Untuk warnanya, aglaonema widuri berwarna hijau tua dengan tulang daun warna merah. Perpaduan warnanya begitu kontras sehingga jenis aglaonema ini pasti akan mencuri perhatian seluruh penghuni rumah.

Aglaonema Bidadari

Jika tumbuh di lingkungan minim cahaya, jenis aglaonema ini akan berwarna hijau tua dengan bintik kuning dan merah. Sedangkan jika diberi cahaya yang cukup, aglaonema bidadari berubah warna menjadi merah muda hingga pastel. Varietas ini cukup populer di masyarakat.

Aglaonema Merah

Sama seperti namanya, jenis aglaonema ini memiliki permukaan daun yang didominasi oleh warna merah. Bentuk daun aglaonema ini cenderung lebar dan lonjong dengan ujung meruncing. Warna keseluruhan dari jenis aglaonema ini juga sangat cantik karena berpadu dengan semburat warna hijau pada bagian tengah dan pinggir daun.

Aglaonema Claudia

Jenis aglaonema ini berasal dari Thailand. Ciri khas aglaonema Claudia adalah warna daunnya yang hijau pucat. Pada beberapa tanaman, ada juga yang dilengkapi dengan bercak hijau tua. Sementara itu, tulang daun jenis aglaonema ini melengkung ke atas dan berwarna pink. Ujung daunnya pun meruncing.

Artikel ini telah tayang dengan judul 6 Jenis Tanaman Aglaonema Paling Banyak Diburu.

Selain informasi soal jenis tanaman aglaonema, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.