Tetap Cantik di Terik Matahari, Ini 5 Jenis Tanaman Hias yang Tahan Panas
Tanaman Hias Tahan Panas (Daks Bansal/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Tinggal di kawasan tropis seperti Indonesia, membuat Anda harus pintar-pintar memilih tanaman hias tahan panas. Pasalnya, sinar matahari cenderung terik dan bisa membuat tanaman pun lebih cepat kering. Tidak semua tanaman hias tahan panas. Oleh karenanya, Anda perlu selektif dalam memilih tanaman hias yang bisa berkompromi dengan sinar matahari.

Sebenarnya, ada banyak tanaman hias tahan panas yang cocok mewarnai pekarangan maupun teras rumah. Berikut ini beberapa pilihan tanaman hias tahan panas yang bisa Anda pertimbangkan untuk ditanam di area luar bangunan rumah!

Bougenville

Mau pekarangan rumah terlihat warna-warni tanpa perlu ribet soal perawatannya? Coba pilih bougenville sebagai pelengkap area tamanmu!

Tanaman hias tahan panas ini berkembang sepanjang waktu dengan aneka warna yang menarik hati. Selain tahan panas, tanaman yang sering disebut pula sebagai bunga kertas ini juga tidak memerlukan banyak air sehingga kamu bisa jarang-jarang menyiramnya, walaupun musim panas tengah datang.

Kaktus

Tanaman hias tahan panas yang satu ini tidak hanya cocok jadi tanaman hias indoor yang belakangan sedang menjadi tren. Kaktus yang lebih besar juga akan manis jika dipajang di pekarangan rumah. Anda hanya perlu menyiramnya sekitar 2 bulan sekali dan kaktus tetap bisa tumbuh subur dengan sinar matahari yang cukup seperti iklim Indonesia.

Kembang sepatu

Mau tanaman hias tahan panas yang terlihat mencolok mata? Coba tanam kembang sepatu di halaman rumah! Tanaman hias yang aslinya berasal dari Asia Timur ini bisa menghasilkan bunga besar yang cantik dipandang. Kembang sepatu bisa berbunga tanpa harus perawatan khusus sehingga memilih tanaman hias tahan panas yang satu ini untuk ditanam tidak akan merepotkan.

Kamboja jepang

Jangan salah, kamboja jepang berbeda dengan kamboja biasa. Kamboja jepang lebih besar dan berwarna merah. Wanginya juga harum sehingga membuat pekarangan lebih nyaman. Kamboja jepang memiliki tempat penyimpanan air di bagian batang sehingga tergolong tanaman hias yang bisa bertahan saat kemarau panjang sekalipun.

Aglaonema

Tanaman yang satu ini sedang populer. Memiliki daun berwarna kombinasi antara merah muda dan hijau, tanaman aglaonema membuat Anda candu untuk selalu melihatnya.

Perawatan aglaonema juga tidak ribet dan yang jelas ini termasuk tanaman hias yang cocok dipelihara di iklim tropis Indonesia. Tidak kalah penting, asupan oksigen untuk hunian Anda dapat lebih terjaga karena tanaman hias tahan panas yang satu ini bisa menyuplai udara bersih dan meminimalkan zat beracun di udara.