Inilah 5 Media Tanam yang Cocok untuk Tanaman Hias Calathea
Ilustrasi media tanam yang cocok untuk calathea (Unsplash-Katla Pavlickova)

Bagikan:

DENPASAR – Tanaman hias calathea memerlukan media tanam yang cocok agar dapat tumbuh dengan subur. Tanaman ini tidak bisa ditanam di media tanah yang terlalu lembab, karena akarnya akan mudah busuk bila kebanyakan air.

Selain media tanam yang cocok, butuh repoting setiap 2 tahun sekali untuk memperbarui tempat hidup tanaman calathea. Pot juga perlu dipilih secara tepat, disarankan untuk memilih terra cotta untuk membantu tanah cepat kering.

Mengutip The healthy Houseplant, Sabtu, 12 Maret, calathea juga enggak toleran pada dehidrasi. Di satu sisi membutuhkan air tetapi dilain sisi tidak bisa kekeringan. Oleh karena itu, pertimbangkan campuran 5 jenis media tanam berikut supaya calathea subur dan menumbuhkan daun-daun cantik bermotif merak.

1. Kulit kayu

Elemen kasar untuk memberi ruang pada campuran tanah, diperlukan calathea. Salah satunya kulit kayu yang tersedia dengan tekstur lembut hingga kasar. Biasanya berasal dari pohon konifer yang bisa membantu mengasamkan tanah.

2. Perlit

Campuran kedua ialah perlit. Potongan-potongan putih yang rapuh ini terbuat dari kaca vulkkanik yang membantu menyerap kelembapan tanah. Pada potongan yang kasar bisa ditambahkan. Tujuannya memberi ruang untuk udara ke media tanam Anda.

3. Sabut kelapa

Selain tanah, Anda bisa menambahkan sabut kelapa termasuk bagian tempurungnya yang tebal dan berserat. Tempurung bisa dicincang agar ukurannya lebih kecil.

4. Batu apung yang dihancurkan

Sifatnya mirip seperti perlit, batu apung yang dihancurkan juga bermanfaat menjaga serta menyerap kelembapan tanah. Seringnya, potongan batu apung tersedia ukuran yang lebih besar. Namun tak apa, Anda bisa meletakkannya di bagian paling bawah pot atau paling atas permukaan.

5. Arang kayu keras

Arang kayu keras, beratnya lebih ringan dibandingkan perlit dan batu apung. Media tanam campuran ini sering jadi pilihan utama dibandingkan campuran lainnya di atas. Sifatnya sama, yaitu menjaga lingkungan tumbuh tanaman calathea tetap kering dan tidak tinggi kelembapannya.

Selain bahan di atas, lumut sphagnum atau lumut gambut juga bisa jadi pilihan. Lumut jenis ini dengan pH yang netral. Nah, penting untuk ditambahkan dalam media tanam adalah kompos. Kompos bisa menutrisi calathea dengan baik.

Aturan dasar dalam mencampurkan media tanam, 20 persen media tanam bertekstur solid, 40 persen perlit, dan 40 persen sabut kelapa atau cocopeat. Jika ingin membuat campuran sendiri, anda bisa mencoba mencampurkan 40 persen sabut kelapa, 25 persen kulit kayu, 25 persen perlit, dan 10 persen kascing atau coran cacing.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Jenis Media Tanam yang Cocok untuk Calathea.

Selain informasi soal media tanam untuk Calathea, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.